Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sri Mulyani Prediksi Pertumbuhan Ekonomi RI Kuartal I-2021 Masih Minus

Kompas.com - 23/03/2021, 13:41 WIB
Mutia Fauzia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memproyeksi pertumbuhan ekonomi pada kuartal I-2021 masih berada di zona negatif. Sri Mulyani mengatakan, kinerja perekonomian bakal mengalami kontraksi di kisaran minus 1 persen hingga minus 0,1 persen.

"Kuartal I masih di-range minus 1 persen ini terdalam, hingga minus 0,1 persen," kata Sri Mulyani saat memberikan keterangan pers APBN KiTa Secara virtual, Selasa (23/3/2021).

Sri Mulyani mengatakan, sebenarnya pihaknya berharap pertumbuhan ekonomi pada kuartal I-2021 bisa mendekati zona netral atau 0 persen.

Sebab, pemerintah telah berupaya untuk mendongkrak kinerja perekonomian dengan beragam insentif serta stimulus.

Baca juga: Garuda Indonesia Tebar Diskon Tiket hingga 85 Persen, Minat?

Selain itu, sejak awal tahun roda perekonomian sudah mulai tergerak, serta kegiatan masyarakat juga mulai kembali berjalan meski secara terbatas. Pemerintah di sisi lain juga telah menjalankan program vaksinasi.

"Kita berharap sebenarnya bisa mencapai zona netral, tapi mungkin masih mendekati negatif 0,1 persen," ujar Sri Mulyani.

Sementara itu untuk kinerja perekonomian sepanjang tahun, pemerintah masih belum mengubah proyeksi yang terdapat dalam target APBN 2021.

Pertumbuhan ekonomi diperkirakan akan tumbuh di kisaran 4,5 persen hingga 5,3 persen.

Sri Mulyani mengatakan, hal tersebut sejalan dengan proyeksi yang dilakukan oleh lembaga-lembaga internasional seperti IMF dan OECD yang melakukan revisi ke atas dari perkiraan mereka.

Sri Mulyani juga menjelaskan, tanda-tanda pemulihan ekonomi di Indonesia pun sudah mulai menunjukkan penguatan di kuartal I tahun ini.

"Dengan tanda-tanda ini, pemulihan ekonomi makin kuat dan akan terjaga. Proyeksi pertumbuhan ekonomi kami masih di 4,5 persen hingga 5,3 persen," ucap Sri Mulyani.

Baca juga: Siap-siap, Aturan Diskon PPnBM Mobil 2.500 cc Berlaku Mulai April 2021

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com