Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raih Pendanaan Seri A 90 Juta Dollar AS, Ajaib Group Fokus Kembangkan Produk dan Kapabilitas Teknologi

Kompas.com - 29/03/2021, 14:08 WIB
Sri Noviyanti

Editor

 

KOMPAS.com – Perusahaan aplikasi investasi Ajaib Group mengumumkan telah menutup putaran pendanaan Seri A dengan total 90 juta dollar AS atau setara Rp 1,3 triliun menggunakan kurs hari ini, Senin (29/3/2021).

Dalam rilis yang diterima Kompas.com, Senin, Ajaib Group merinci hal tersebut.

Sebelumnya, perusaahan yang baru berusia dua tahun tersebut mengonfirmasi pendanaan pertama pada putaran Seri A senilai 25 juta dollar AS pada Januari 2021. Kemudian, dana tambahan 65 juta dollar didapat dari investor fintech Ribbit Capital.

Sebagai informasi, Ajaib Group merupakan investasi pertama Ribbit Capital di Asia Tenggara. Ribbit Capital dikenal sebagai investor fintech bergelar unicorn, seperti Coinbase, Affirm dan Revolut, dan memimpin pendanaan pada Robinhood senilai 3,4 miliar dollar AS pada Februari 2021.

Adapun investor lain yang turut berpartisipasi dalam putaran Seri A Ajaib Group di antaranya Y Combinator Continuity, ICONIQ Capital, Bangkok Bank PLC, dan investor-investor lama seperti Horizons Ventures milik Li Ka-Shing, Softbank Ventures Asia, Alpha JWC Ventures, dan Insignia Ventures.

Beberapa pendiri fintech ternama, seperti David Velez dari Nubank dan SG Lee dari Toss juga turut berpartisipasi dalam putaran pendanaan Ajaib Group kali ini.

“Kami sedang menyaksikan revolusi investasi ritel yang belum pernah terjadi sebelumnya. Ajaib berada di garis paling depan dalam revolusi ini dan mereka sedang membangun brand paling terpercaya di Indonesia,” ujar Managing Partner Micky Malka di Ribbit Capital.

Micky menambahkan, komitmen Ajaib Group untuk menyediakan transparansi dan melayani investor milenial Indonesia melalui produk-produknya sudah dapat disandingkan dengan perusahan-perusahan kelas dunia.

Perlu diketahui, Ajaib Sekuritas menduduki posisi ke-4 broker saham terbesar di Indonesia berdasarkan trading frequency.

Hanya dalam waktu empat bulan, Ajaib Sekuritas telah memproses lebih dari 10 juta transaksi.

Dengan produk yang mudah digunakan oleh pemula, Ajaib Sekuritas memfasilitasi pembukaan akun secara online hanya dalam lima menit. Pengguna bisa bergabung dan bertransaksi tanpa minimum deposit.

Mereka juga dapat bertransaksi dengan biaya terjangkau, dan mendapat akses analisis komprehensif secara gratis.

Adapun pendanaan Seri A yang didapatkan memberikan Ajaib sumber daya finansial untuk mengembangkan produk dan meningkatkan kapabilitas teknologi.

“(Dua founder Ajaib Group) Anderson dan Yada termasuk founder yang paling gigih yang pernah saya temui. Mereka tidak akan berhenti dan akan terus maju. Ini dibuktikan oleh betapa pesatnya pertumbuhan Ajaib Sekuritas untuk menjadi salah satu broker terbesar di Indonesia,” ujar Anu Hariharan dari Y Combinator Continuity.

Edukasi generasi muda

Disambung CEO Ajaib Group Anderson Sumarli bahwa misi mereka kami adalah menyambut investor generasi baru menuju layanan keuangan yang modern. Karenanya, langkah dan inovasi difokuskan pada hal tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com