Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modalku Targetkan Penyaluran Pinjaman Rp 30 Triliun di 2021

Kompas.com - 30/03/2021, 16:30 WIB
Elsa Catriana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu platform P2P Lending yaitu Modalku optimistis bisa menyalurkan pijaman lebih besar pada tahun ini dibandingkan tahun lalu.

Co-Founder & COO Modalku Iwan Kurniawan mengatakan, pihaknya menargetkan total penyaluran pinjaman hingga Rp 30 triliun di tahun ini.

"Di tahun ini kami targetkan menyalurkan pinjaman sebesar Rp 30 triliun. Kami ingin lebih banyak UMKM yang kami bantu untuk mendapatkan pinjaman modal dalam mengembangkan usahanya di tengah pandemi," ujarnya dalam jumpa pers Modalku secara virtual, Selasa (30/3/2021).

Baca juga: Enggan Rambah Sektor Konsumtif, Ini Alasan Modalku

Menurut dia angka ini telah meningkat sebesar Rp 7,6 triliun dari realisiasi penyaluran tahun lalu yaitu sebesar Rp 22,4 triliun.

Di samping itu, Iwan mengatakan, pihaknya juga berhasil menyalurkan total transaksi pinjaman sebesar 4 jutaan yang dimana angka ini telah naik 2 kali lipat dari tahun lalu.

Begitupun dengan total lender atau pemberi pinjaman yang naik 2 kali lipat dari tahun sebelumnya.

"Total lender seperti saya ini atau yang memberi pinjaman di tahun lalu itu ada 100.000 dan kini naik 2 kali lipat menjadi 200.000 lender," ucapnya.

Ke depan pihaknya pun akan terus melakukan ekspansi seturut dengan kebutuhan para UMKM dalam membutuhkan pinjaman modal.

Baca juga: Semester I Tahun 2020, Modalku Salurkan Pinjaman Rp 15,4 Triliun ke UMKM di Asean

Di menambahkan, baru-baru ini, Modalku berhasil melebarkan sayapnya hingga ke Thailand. Dia berpendapat, Thailand merupakan salah satu negara yang memiliki potensi yang sangat tinggi untuk bertumbuh.

"Setelah Thailand kami juga sedang mempelajari pasar lain yang lebih besar, tapi kami belum dapat memastikan kapan ekspansinya dilakukan," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com