Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[KURASI KOMPASIANA] Perfilman Nasional Masih Terus Berbenah | Melihat Industri Film Nasional | Berhenti Menonton Film Bajakan

Kompas.com - 30/03/2021, 17:17 WIB
Harry Rhamdhani

Penulis

KOMPASIANA---Setiap tanggal 30 Maret diperingati sebagai Hari Film Nasional (HFN) sejak 1950 karena merupakan hari bersejarah bagi perfilman Indonesia.

Akan tetapi bukan tanpa masalah, dunia perfilman saat ini masih belum bisa bekerja secara maksimal sejak pandemi covid-19.

Oleh karena itu masih banyak yang perlu dibenahi seperti regulasi hingga para sineas yang mulai beradaptasi.

Harapannya, terjadi kerjasama dari semua pihak --termasuk penonton-- untuk bisa memastikan bahwa film-film Indonesia masih ditunggu dan bisa dinikmati kembali.

1. Karena Perfilman Nasional Masih Terus Berbenah

Ada satu hal yang patut kita apresiasi dari industri film Indonesia saat ini yakni pada sumber daya manusia yang semakin baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Dari para aktor dan aktrisnya, sutradara, penata kamera, ataupun kepenulisan skenario pada umumnya.

Semuanya mampu menjadi satu kesatuan yang tak bisa dipisahkan terkait berkembangnya kualitas perfilman nasional kita saat ini.

"Tak bisa dipungkiri, perfilman nasional saat ini memang masih terus berbenah dan tentunya berjalan ke arah yang positif. Meskipun tentu saja masih banyak kekurangan di berbagai sisi," tulis Kompasianer Yonathan Christanto.

Untuk penonton, misalnya, Kompasianer Yonathan Christanto melihat masih membandingkan bahkan cenderung mendiskreditkan hasil produksi film nasional dengan milik Hollywood. (Baca selengkapnya)

2. Peringatan Hari Film Nasional, Industri Film Nasional Masih Belum Baik-baik Saja

Kompasianer Dewi Puspasari menuliskan saat pertama kali datang ke bioskop sejak pandemi di Kota Malang pada awal Maret lalu.

"Sepi, penonton segelintir meski saat itu akhir pekan. Padahal harga tiket turun dan protokol kesehatan diterapkan," tulisnya.

Industri film nasional belum baik-baik saja hingga hari ini, pada peringatan Hari Film Nasional. Dampak pandemi begitu besar ke bisnis hiburan.

Industri film itu sebuah ekosistem yang besar. Ada rumah produksi film, distributor film, dan bioskop (baik konvensional maupun alternatif, serta platform streaming.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com