Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini, Pekerja Industri Keuangan Terima Vaksinasi Covid-19

Kompas.com - 31/03/2021, 12:06 WIB
Fika Nurul Ulya,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perhimpunan Bank Umum Nasional (Perbanas) dan Ikatan Bankir Indonesia (IBI) bakal menyelenggarakan vaksinasi massal untuk para pekerja di sektor jasa keuangan.

Ketua Umum IBI Haryanto T Budiman mengatakan, penyelenggaraan vaksinasi merupakan wujud membantu pertumbuhan ekonomi. Vaksinasi diyakini akan mengembalikan kehidupan normal masyarakat sehingga lebih leluasa beraktifitas kembali.

"Maka itu kami berinisiatif melakukan vaksinasi secara massal ke para pekerja di industri jasa keuangan. Dengan cara ini kami ikut mempercepat vaksinasi agar kehidupan kembali normal dan masyarakat merasa lebih aman berinteraksi dengan para pekerja di sektor jasa keuangan," kata Haryanto dalam siaran pers, Rabu (31/3/2021).

Baca juga: Mei, Pemerintah Targetkan Vaksinasi Covid-19 Capai 1 Juta Orang Per Hari

Untuk tahap awal, vaksinasi diprioritaskan untuk para pekerja yang paling sering berinteraksi langsung dengan nasabah, seperti teller dan customer service.

Vaksinasi untuk pekerja terdepan ini bakal memberikan rasa aman dan nyaman untuk para pekerja maupun nasabahnya.

"Industri jasa keuangan merupakan jantungnya perekonomian. Di saat pandemi, jantung ini hanya bisa bekerja secara optimal jika kita mampu memberikan rasa aman bagi nasabah sekaligus melindungi keselamatan para pekerja," ucap Haryanto.

Kemudian pada tahap selanjutnya, Perbanas dan IBI akan memperluas pemberian vaksin kepada pekerja di sektor jasa keuangan di daerah.

Ekstensifikasi ini bertujuan agar vaksinasi tepat sasaran dan mampu menjangkau seluruh pelaku industri keuangan.

"Agar berdampak besar dan berjalan optimal, vaksinasi untuk para pekerja akan kami lakukan secara masif dan terukur, baik melalui program nasional maupun melalui vaksin mandiri," tutur Haryanto.

Ketua Umum Perbanas Kartika Wirjoatmodjo menambahkan, vaksinasi yang mulai hari ini juga diberikan kepada lansia yang terjangkau sekitar 300 orang.

"Prinsipnya, setiap melakukan vaksinasi ke satu orang pekerja, kami juga memberikan vaksinasi untuk lansia. Program ini rencananya akan kami lakukan pula di beberapa kota lainnya," pungkas Kartika.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com