Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LPKR-Siloam Hospitals Sepakat Perpanjang Masa Sewa hingga Tahun 2035

Kompas.com - 01/04/2021, 13:39 WIB
Kiki Safitri,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) dan Rumah Sakit Siloam (SILO) mencapai kesepakatan baru terkait biaya sewa untuk 11 RS Siloam yang disesuaikan secara tahunan mengikuti skema kenaikan 0,1 persen per tahun, mulai dari 6 persen pada 2021, 6,1 persen pada 2022, dan 6,2 persen pada 2023 hingga seterusnya.

Manajemen Lippo Karawaci menjelaskan, kesepakatan yang efektif mulai tanggal 1 Januari 2021 ini memberikan LPKR penghematan biaya sebesar Rp 154 miliar pada tahun 2021, jika dibandingkan dengan struktur (biaya sewa) yang berlaku sampai dengan sekarang.

“Tercapainya kesepakatan ini memberikan kepastian jangka panjang terhadap keberlangsungan usaha RS Siloam. Ke depan, pencapaian kesepakatan tersebut akan menciptakan nilai lebih untuk RS Siloam dan juga bagi LPKR sebagai pemegang saham terbesar di RS Siloam,” tulis manajemen dalam siaran pers, Kamis (1/3/2021).

Baca juga: Siloam Sediakan Tes Covid-19 Serologi Antibodi, Harganya Tak Sampai Rp 200.000

LPKR memiliki 42,55 persen saham SILO, dengan 39 rumah sakit di 24 kota di seluruh Indonesia.

Melalui kesepakatan tersebut diharapkan mampu meningkatkan transparansi dan tata kelola bisnis pada perusahaan induk serta anak usahanya sebagai perusahaan tercatat di Bursa Efek Indonesia.

Sebagai informasi, LPKR memiliki total aset 4 miliar dollar AS per 30 September 2020. Bisnis inti perusahaan terdiri dari pengembangan perumahan di daerah perkotaan, lifestyle malls dan layanan kesehatan.

LPKR juga terlibat aktif dalam pengembangan terintegrasi, seperti, perhotelan, pengembangan dan manajemen perkotaan, serta layanan manajemen aset.

Sebagai pengembang properti, LPKR memiliki 1.416 hektar landbank yang siap untuk dikembangkan, melalui dua anak perusahaan, PT Lippo Cikarang dengan kepemilikan saham LPKR saham 80,83 persen, dan PT Gowa Makassar Tourism Development dengan kepemilikan saham LPKR 32,5 persen.

LPKR memiliki Unit di REIT yang tercatat di bursa efek Singapura yaitu Lippo Malls Indonesia Retail Trust dengan aset yang dikelola 1,6 miliar dollar AS per 30 September 2020.

Baca juga: Selesaikan Penjualan Lippo Mall Puri, LPKR Raup Rp 3,5 Triliun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com