Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Digital Farming, Apa Untungnya untuk Petani?

Kompas.com - 05/04/2021, 15:32 WIB
Elsa Catriana,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim (IKPM) Kemkominfo RI Septriana Tangkary mengatakan, saat ini pemerintah sedang mendorong petani di Indonesia untuk menerapkan digital farming.

Dia menjelaskan digital farming adalah program agar petani mengelola sektor pertanian dengan berbasis bantuan digital agroteknologi.

"Dengan teknologi kita dapat menggunakan berbagai aplikasi untuk meminimalkan risiko yang ada. Memungkinkan kita untuk memprediksi kemungkinan hujan, serangan hama dan penyakit," ujarnya dalam Creativetalks Pojok Literasi: Jadi Petani Milenial di Era Digital KUY yang disiarkan secara virtual, Senin (5/4/2021).

Baca juga: Program Petani Milenial Diharapkan Bisa Menurunkan Angka Kemiskinan

Saat ini, sudah ada beberapa digital farming yang sudah diinisiasi oleh Kementerian Pertanian (Kementan) diantaranya Smart Green House, Smart Irigation System, dan Smart Farming berdasarkan teknolgi IT.

Selain itu, Septriana juga mengatakan, saat ini revolusi industri sudah semakin tampak karena maraknya penggunaan mesin-mesin otomatis yang sudah terintegrasi dengan jaringan internet.

Inovasi dengan teknologi ini pun sudah menciptakan beberapa platform digital yang menghubungkan para petani dengan konsumen, seperti TaniHub, PakTaniDigital, LimaKilo, dan AgroMaret.

"Dengan market online ini para petani kita bisa lebih mudah menjual hasil olahannya dan tentunya sangat membantu para petani kita," ucap dia.

Baca juga: Plafon KUR Tanpa Jaminan Akan Naik Jadi Rp 100 Juta, Bunganya 6 Persen

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com