Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[KURASI KOMPASIANA] Literasi Keuangan bagi Keluarga | Salahkah Istri Berkuasa Mengatur Keuangan?

Kompas.com - 08/04/2021, 10:26 WIB
Harry Rhamdhani

Penulis

KOMPASIANA---Mengelola keuangan rumah tangga umumnya dilakukan oleh seorang istri. Namun tak sedikit juga dilakukan sang suami.

Siapapun yang akan mengelola keuangan rumah tangga sebenarnya bukan masalah selama itu menjadi kesepakatan berdua, karena yang terpenting adalah baik suami atau istri memiliki pemahaman literasi keuangan dalam rumah tangga.

Pentingnya literasi keuangan membuat kelola keuangan akan menjadi baik dan keuangan rumah tangga menjadi sehat, terlebih era konsumtif saat ini.

Pembahasan mengenai hal tersebut menjadi salah satu topik menarik perhatian pembaca. Berikut 3 konten menarik dan populer terkait literasi keuangan di Kompasiana:

1. Literasi Keuangan bagi Keluarga

Semua rumah tangga pastinya menginginkan keuangan yang sehat. Untuk mencapai itu maka dibutuhkan pengelolaan keuangan yang baik.

Dengan mengelola keuangan secara tertib, termasuk mengatur aliran masuk-keluarnya keuangan, keuangan rumah tangga dapat akan menjadi sehat sehingga keluarga pun akan bahagia.

Kompasianer Hamdani mengatakan, pada zaman yang serba otomasi sekarang ini, seseorang dituntut lebih cerdas mengelola segala sumber daya yang dimilikinya termasuk keuangan.

"Bukan hanya secara pribadi bahkan seorang yang sudah berumah tangga sekalipun mesti cerdas memenej keuangan mereka," tulisnya. (Baca selengkapnya)

2. Lemahnya Manajemen Keuangan dalam Keluarga Menjadi Sebab Rapuhnya Perekonomian Masyarakat Kelas Menengah

Mindset bahwa uang merupakan sumber jawaban adalah sebuah pemikiran paling keliru. Padahal, di sisi lain, keuangan juga adalah sumber masalah.

Semakin berbahaya apabila pemikiran ini berada di kalangan menengah ke bawah, yang membuat mereka semakin terperangkap dalam kemiskinan lebih lama lagi.

Karenanya keluarga, dalam hal ini orangtua, memiliki peran vital untuk memutus mindset tersebut guna memperbaiki mindset anak-cucu mereka.

Kompasianer Masykur mengatakan, setiap keluarga harus memiliki perencanaan keuangan yang baik agar tidak hidup boros dan yang paling penting adalah mendidik anak untuk paham konsep penggunaan uang secara bijak.

"Manajemen keuangan dalam keluarga memiliki efek positif dalam hal membangun keluarga secara utuh dengan anggaran yang direncanakan dan dihabiskan tepat sasaran," tulisnya. (Baca selengkapnya)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com