Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhub: Kereta Cepat Jakarta-Bandung Lompatan Teknologi Indonesia

Kompas.com - 11/04/2021, 09:12 WIB
Yohana Artha Uly,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, proyek pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang menggunakan teknologi tinggi menjadi suatu lompatan yang baik bagi Indonesia.

Hal itu diungkapkannya dalam acara pembukaan kantor pusat China Railway Group Limited (CREC) di Indonesia, yang merupakan investor terbesar dalam proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

"Ini lompatan tertentu bagi Indonesia dalam segi teknologi pembangunan, dari yang tadinya belum bisa, sekarang menjadi bisa. Lompatan ini hendaknya kita maknai secara baik," ujar Budi Karya dikutip dalam keterangan tertulis, Minggu (11/4/2021).

Baca juga: Rel Kereta Cepat Jakarta-Bandung Diimpor dari China

Ia bilang, Kereta Cepat Jakarta-Bandung merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN), yang dibangun melalui kerjasama antara Indonesia dan China.

Kerja sama proyek berteknologi tinggi ini pun perlu diikuti dengan transfer pengetahuan atau transfer knowledge antara kedua belah pihak.

Sehingga, diharapkan para pekerja di Indonesia bisa menambah pengetahuan tentang teknologi tersebut dan begitu pun sebaliknya.

"Proses transfer knowledge ini menjadi suatu keharusan dan dijalankan secara simultan,” kata dia.

Chief Representative of China Railway Engineering Group Corporation (CREC) Zhang Wei menambahkan, pihaknya berkomitmen dalam menyelesaikan proyek pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung.

Baca juga: China Mau Tikung Jepang di Proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com