BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan TikTok

Ssstt, Ini Rahasia Jitu Bikin Konten Bisnis Menarik di TikTok Selama Ramadhan

Kompas.com - 19/04/2021, 09:04 WIB
Alek Kurniawan,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Teknologi digital kian menjadi kebutuhan banyak orang. Pasalnya, hampir setiap aktivitas yang dilakukan sehari-hari berhubungan dengan penggunaan gadget, seperti belanja online, belajar daring, atau meeting virtual.

Apalagi, bulan Ramadhan telah tiba. Biasanya, kebiasaan atau tingkah laku masyarakat mengalami perubahan selama Ramadhan. Salah satunya, lebih banyak menghabiskan waktu untuk berinteraksi atau mencari hiburan di dunia maya.

Menanggapi perubahan pola perilaku masyarakat tersebut, Head of Business Marketing TikTok Indonesia Sitaresti Astarini menganggap bahwa platform digital membawa banyak manfaat, baik bagi perorangan maupun pelaku usaha.

“Aplikasi hiburan maupun platform digital berperan besar dalam membantu mempertahankan semangat Ramadhan di tengah keterbatasan yang ada saat pandemi Covid-19 seperti sekarang,” ujar Sitaresti dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (13/4/2021).

Baca juga: Trik Jitu Pemasaran Biar Bisnis Makin Cuan Saat Ramadhan

Oleh karena itu, lanjutnya, pelaku usaha atau brand bisa memanfaatkan momen tersebut secara optimal.

“Pada platform digital TikTok, misalnya, brand dan marketer bisa makin terhubung dengan konsumen serta menjangkau masyarakat lebih luas melalui campaign-campaign kreatif,” jelas Sitaresti.

Terlebih, saat ini audiens TikTok lebih beragam seiring banyaknya konten yang diunggah, terutama selama Ramadhan.

Untuk menjangkau pasar, Sitaresti menyarankan pelaku usaha agar melihat kebiasaan pengguna lewat konten favoritnya.

Baca juga: Berkembang Pesat Secara Global, TikTok Rekrut 3.000 Engineer

Survei TikTok Ramadhan Insight 2021 menyimpulkan, tema keagamaan menjadi konten favorit dengan persentase 78 persen. Selanjutnya, 71 persen audiens juga kerap mencari konten makanan dan 69 persen menonton konten hiburan.

Tak hanya itu, konten yang berkaitan dengan keluarga atau relasi juga cukup populer dengan persentase 64 persen. Begitu pula konten update keseharian sebanyak 60 persen dan fesyen sekitar 43 persen.

Untuk memanfaatkan peluang tersebut, pelaku usaha atau brand pun perlu menyesuaikan strategi pemasaran agar dilirik audiens.

Baca juga: 8 Rekomendasi Film untuk Teman Ngabuburit saat Puasa Ramadhan

Sitaresti mengatakan, membuat konten kreatif bagi brand dan marketer di TikTok tidaklah sulit. Perlengkapan yang digunakan pun tak harus mewah dan mahal. Bahkan, pengguna TikTok umumnya bisa menghasilkan konten unik hanya bermodalkan smartphone saja.

“Paling penting adalah jalan cerita yang menarik dan sesuai dengan target audiens. Sesuaikan pula dengan ciri khas brand,” ujarnya.

Beberapa ide tagar yang bisa digunakan untuk mempromosikan konten Ramadhan, di antaranya #semangatpuasa, #sambutramadhan, #bukberonline, #tutorialhijab, #ngabuburitseru, dan #mylebaranOOTD. DOK. SHUTTERSTOCK Beberapa ide tagar yang bisa digunakan untuk mempromosikan konten Ramadhan, di antaranya #semangatpuasa, #sambutramadhan, #bukberonline, #tutorialhijab, #ngabuburitseru, dan #mylebaranOOTD.

Untuk mengetahui langkah praktis brand memanfaatkan platform TikTok sebagai solusi pemasaran selama Ramadhan, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan.

1. Gunakan tagar

Tanda pagar (tagar) atau hashtag menjadi salah satu elemen penting dalam mempromosikan sebuah konten di TikTok. Sebab, pengguna platform biasanya mencari konten sesuai dengan tagar yang relevan.

Tagar juga berfungsi sebagai arsip agar konten yang telah dibuat bisa dengan mudah ditemukan pada masa mendatang.

Tim TikTok pun melakukan survei khusus perihal beberapa ide tagar yang bisa digunakan untuk mempromosikan konten Ramadhan, di antaranya #semangatpuasa, #sambutramadhan, #bukberonline, #tutorialhijab, #ngabuburitseru, dan #mylebaranOOTD.

2. Hashtag challenge

Setelah brand memutuskan untuk menggunakan tagar tertentu, langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah mengajak audiens ikut membuat konten serupa dengan menuliskan tagar yang telah ditentukan atau biasa disebut hashtag challenge.

Dengan begitu, audiens bisa ikut meramaikan campaign yang telah dibuat dan secara otomatis dapat meningkatkan brand awareness Anda.

3. Branded filter

Tak kalah dengan media sosial lain, TikTok juga memiliki fitur yang memungkinkan brand membuat branded filter. Dengan fitur ini, brand bisa menghasilkan konten yang lebih orisinal, kreatif, dan impresif.

Branded filter juga bisa menggambarkan ciri khas brand atau campaign yang sedang dijalankan. Untuk hasil maksimal, Anda bisa menggabungkan penggunaan filter dengan hashtag challenge. Dijamin, campaign yang dibuat akan lebih “nendang”.

4. Manfaatkan fitur kreatif

Menurut Sitaresti, brand juga bisa memanfaatkan fitur kreatif lainnya yang tersedia di dalam akun TikTok For Business.

“Beberapa fitur yang bisa dimanfaatkan adalah fitur Video Creation Kit, Smart Video, Smart Video Soundtrack, dan TikTok AdStudio,” ujar Sitaresti.

Adapun beragam fitur tersebut dijelaskan oleh Sitaresti. Pertama, Video Creation Kit untuk pengeditan video dengan tools yang lengkap. Penggunaan fitur ini juga relatif mudah. Dengan kemudahan ini, brand bisa memanfaatkanya untuk menghasilkan video secara lebih optimal.

Ilustrasi membuat konten saat RamadhanDOK. SHUTTERSTOCK Ilustrasi membuat konten saat Ramadhan

Kemudian, Smart Video. Fitur ini memungkinkan Anda membuat video dengan mengunggah beberapa konten saja. Selanjutnya, sistem artificial intelligence (AI) yang tersemat akan mulai merangkai konten tersebut menjadi lebih menarik.

“Ada pula Smart Video Soundtrack yang menjadi pustaka musik di TikTok. Brand bisa memakai fitur ini untuk menyampaikan pesan video yang lebih baik. Kami telah melengkapi ratusan musik dalam 10 genre pada fitur ini, yakni teen, classic, country, ambient, pop, EDM, mix, symphony, rock, dan folk,” jelas Sitaresti.

Terakhir, brand juga bisa menggunakan TikTok AdStudio guna memudahkan pembuatan konten iklan dari smartphone.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai fitur-fitur yang tersedia di TikTok For Business dan memulai kampanye pemasaran Ramadhan di TikTok, Anda bisa mengunjungi laman berikut.

Selamat berkreasi!


komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com