Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Sahabat Sampoerna Catatkan Kenaikan Aset 7,9 Persen

Kompas.com - 23/04/2021, 16:07 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Sahabat Sampoerna mencatat kenaikan aset per 31 Desember 2020 sebesar 7,9 persen (yoy) menjadi sebesar Rp 12,4 triliun dibandingkan tahun sebelumnya sebesar Rp 11,5 triliun.

Kenaikan total aset tersebut ditopang oleh penyaluran kredit ke segmen UMKM sebesar Rp 4,2 triliun, kredit korporasi sebesar Rp 1,6 triliun, serta kredit konsumer sebesar Rp 2,4 triliun.

Sementara itu, total DPK hingga 31 Desember 2020 mencapai Rp 10,4 triliun atau naik 7,6 persen (yoy) dari DPK tahun sebelumnya sebesar Rp 9,7 trilun.

Baca juga: Bank Sahabat Sampoerna Akan Kian Agresif Garap Digital Banking

Tantangan yang terjadi di tahun 2020 antara lain terefleksikan dalam pendapatan usaha yang mengalami penurunan sebesar 1,7 persen (yoy) menjadi Rp 690,1 miliar dari tahun sebelumnya sebesar Rp 701,7 miliar.

Merespons kondisi tersebut, Bank Sampoerna mengalokasikan dana pencadangan sebesar 124,1 persen dari kredit bermasalah pada tahun 2020.

Rasio dana pencadangan terhadap kredit bermasalah ini naik 55,5 persen dari rasio yang sama pada akhir tahun 2019 sebesar 68,6 persen.

Lebih jauh, kualitas kredit tetap terkendali dengan rasio kredit bermasalah bruto (gross NPL) pada tingkat 2,8 persen atau turun dari tahun sebelumnya pada tingkat 4,3 persen.

Adapun rasio kecukupan modal (CAR) yang berada di level 19,1 persen dan LDR di tingkat 78,4 persen.

“Kami yakin dapat mempertahankan kinerja pada tahun ini Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Otoritas Jasa Keuangan dan Pemerintah yang telah mengeluarkan beragam kebijakan yang memungkinkan institusi perbankan terus mendukung kebutuhan pembiayaan para pengusaha UMKM,” ujar Direktur Utama Bank Sampoerna Ali Rukmijah dalam keterangan resminya, Kamis (22/4/2021).

Bank Sampoerna akan terus mengembangkan layanan perbankan digital agar mempermudah nasabah dan kreditur dalam memenuhi kebutuhan perbankan mereka. Pertumbuhan transaksi digital Bank Sampoerna juga menunjukkan tren yang sangat baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com