Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitch Pertahankan Peringkat AAA, LPS: Bukti Internasional Yakin Fungsi LPS

Kompas.com - 24/04/2021, 20:43 WIB
Fika Nurul Ulya,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga Pemeringkat Fitch Rating Indonesia (Fitch) mempertahankan peringkat (rating) LPS di peringkat 'AAA' outlook stabil.

Sekretaris LPS Dimas Yuliharto mengatakan, dengan mempertahankan rating AAA itu menunjukkan lembaga internasional yakin LPS mampu menjalankan fungsinya sebagai lembaga penjaminan dan resolusi bank.

"Termasuk turut serta menjaga stabilitas sistem keuangan bersama anggota Komite Stabilitas dan Sistem Keuangan (KSSK) lainnya yakni Kementerian Keuangan, OJK dan Bank Indonesia," kata Dimas dalam siaran pers, Sabtu (24/4/2021).

Baca juga: LPS Buka Opsi Bebaskan Premi Penjaminan Perbankan, ini Syaratnya

Fitch menilai LPS mampu menjaga kondisi Likuiditas tetap stabil di tengah tekanan kondisi sektor keuangan terutama perbankan akibat Covid-19 yang dihadapi. 

“Apresiasi dari lembaga internasional terkemuka, seperti lembaga rating, terhadap kinerja LPS berperan penting untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat dan dunia internasional terhadap sektor keuangan nasional khususnya industri perbankan Indonesia,” sebut Dimas.

Adapun proses penilaian Fitch menekankan pada prospek pertumbuhan aset LPS yang terus berkembang, sejalan dengan masih tumbuhnya dana pihak ketiga di perbankan dan didukung oleh kewenangan LPS untuk dapat memperoleh dana dari sumber pendanaan lain.

Sumber pendanaan ini dapat berupa penjualan/repo surat  berharga ke Bank Indonesia, pihak lain, serta pinjaman dari Pemerintah, saat LPS akan mengalami kesulitan likuiditas dalam menjalankan fungsinya serta menjadi bagian dari upaya memelihara stabilitas sistem keuangan.

Selain itu, pihak Fitch menekankan bahwa LPS saat ini tidak memiliki kewajiban utang kepada pihak lain, sehingga menjadikan lembaga ini kuat dari aspek finansial dan dapat terus menjaga kepercayaan masyarakat khususnya bagi nasabah perbankan nasional.

Baca juga: LPS Buka 20 Lowongan Kerja, Simak Posisi dan Syaratnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com