Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhub Minta Pemda Tak Andalkan ABPN untuk Bangun Bandara

Kompas.com - 24/04/2021, 22:19 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengapresiasi pelayanan penumpang dan fasilitas di Bandara Blimbingsari, Banyuwangi yang menonjolkan konsep eco airport.

Selain itu dia juga mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Banyuwangi yang telah berpartisipasi membangun Bandara Blimbingsari dengan menggunakan dana dari APBD.

"Bandara yang cantik modern, eco-friendly dan ini menjadi contoh untuk kabupaten lain, membangun sendiri setelah itu kita joinkan dengan Angkasa Pura II dan sekarang dilanjutkan dengan baik. Ini sengaja saya sampaikan bahwa kemandirian atau partisipasi dari pemda itu sangat penting," ujar Budi dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (24/4/2021).

Baca juga: Menhub: Konektivitas Bikin Investasi Masuk ke Indonesia

Mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II ini berharap kabupaten-kabupaten lain di Indonesia dapat mencontoh apa yang sudah diterapkan Pemkab Banyuwangi.

"Ini menjadi contoh bagi kabupaten yang lain bahwa tidak harus membangun memakai APBN ada APBD, Bayuwangi bisa dilakukan secara bertahap jadi satu apresiasi saya bagi Banyuwangi," kata dia.

Selain itu pada kesempatan yang sama Menhub juga sempat meninjau uji coba penerapan alat pendeteksi Covid-19 GeNose di Bandara Blimbingsari.

Baca juga: Pertama di Indonesia, Bandara Banyuwangi Akan Gunakan Teknologi Pengenal Wajah

"Saya apresiasi Angkasa Pura II yang sudah melakukan tes GeNose. Bandara Blimbingsari merupakan bandara ke 9 Angkasa Pura II dari total 21 bandara. Ini menunjukkan bahwa Angkasa Pura II serius memberikan dukungan bagi upaya pencegahan virus covid-19 karena virus ini sangat masif maka kita dari segala lini di daerah harus melakukan suatu proses testing dengan baik dan capable," jelasnya.

Baca juga: Menhub Pastikan Angkutan Logistik Tak Terganggu meski Ada Pengetatan Mudik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com