Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Riset ShopeePay: Masyarakat Makin Banyak Gunakan Pembayaran Digital untuk Beri THR

Kompas.com - 26/04/2021, 14:30 WIB
Kiki Safitri,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Riset ShopeePay bersama dengan Jakpat Mobile Survey tahun 2021 menemukan berbagai preferensi dan prioritas masyarakat Indonesia, khususnya di kota-kota besar untuk bulan Ramadan dan Lebaran tahun ini.

Riset dengan ShopeePay menunjukkan bagaimana pembayaran digital telah menjadi bagian penting dari gaya hidup masyarakat masa kini, di tengah pandemi Covid-19.

Misalkan saja, tradisi pemberian THR kepada sanak saudara saat Lebaran yang masih berlanjut, disikapi dengan memanfaatkan metode teknologi, yakni menggunakan alat pembayaran digital.

Baca juga: Besaran Gaji Kurir Shopee Express 2021 dan Cara Mendaftarnya

Head of Research Jakpat Aska Primardi mengatakan, responden menyukai metode pemberian THR melalui metode transfer via uang digital kepada sanak saudara.

“Antusiasme masyarakat dalam penggunaan uang digital semakin terlihat ketika hasil riset juga menunjukkan 80 persen responden memilih uang digital sebagai metode pembagian THR untuk sanak saudara yang paling mudah, aman, dan nyaman, khususnya di saat pandemi,” ungkap Aska dalam virtual konferensi, Senin (26/4/2021).

Di sisi lain, bulan Ramadan identik untuk berbagi berkah dan kebahagiaan. Riset menyebutkan, 97 persen atau mayoritas responden mengatakan memberikan sedekah merupakan prioritas di bulan suci ini.

Lebih dari 60 persen responden memilih untuk bersedekah secara online melalui berbagai lembaga terpercaya.

Baca juga: Ramai Berita Keterlambatan Pengiriman Paket karena Buruh Demo, Ini Respons Shopee

 

Tak hanya itu, 94 persen responden tertarik untuk menggunakan uang digital sebagai alat untuk menyalurkan donasi atau sedekah mereka.

Riset juga menemukan sebanyak 80 persen responden memilih uang digital sebagai metode pembayaran yang paling disukai untuk berbelanja kebutuhan Ramadan dan Lebaran. 87 responden juga menyukai promo dalam bentuk potongan harga, dan 67 persen menyukai promo cashback.

“Momen lebaran bisa menjadi peluang untuk mempercepat digitalisasi keuangan. Riset yang kami lakukan menunjukkan pembayaran digital kini menjadi bagian penting dari gaya hidup masyarakat, mulai dari kebutuhan belanja sehari-hari, hingga kebutuhan yang lebih spesifik seperti donasi dan bahkan pembagian THR," jelas Aska.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com