Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ADRO Tebar Dividen, Catat Jadwal Pembagiannya

Kompas.com - 29/04/2021, 15:38 WIB
Ade Miranti Karunia,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Adaro Energy Tbk (ADRO) akan berbagi dividen dari hasil laba bersih tahun buku 2020, kepada para pemegang saham sebesar 146,8 juta dollar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp 2,12 triliun (kurs Rp 14.500).

Jika dihitung per sahamnya, ADRO akan memberikan sebesar Rp 66,5 per lembarnya. Pembagian dividen ini telah disetujui dari hasil Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang telah diselenggarakan pada 26 April 2021.

Nah, bagi para investor yang ingin mendapatkan dividen dari perusahaan bergerak di sektor pertambangan batu bara ini, ketahui dulu jadwal cum date dan berakhirnya masa pembelian untuk mendapatkan haknya (ex date).

Baca juga: Berburu THR dari Dividen, Sejumlah Saham Ini Direkomendasikan Asalkan..

Dikutip dari keterbukaan informasi telah tercantum jadwal pembagian dividen:

Tanggal cum dividen di Pasar Reguler dan Pasar Negosiasi: 4 Mei 2021;
Tanggal ex dividen di Pasar Reguler dan Pasar Negosiasi: 5 Mei 2021;
Tanggal cum dividen di Pasar Tunai: 6 Mei 2021;
Tanggal ex dividen di Pasar Tunai: 7 Mei 2021;
Tanggal Daftar Pemegang Saham (DPS) yang berhak atas dividen tunai: 6 Mei 2021;
Tanggal pembayaran dividen: 25 Mei 2021.

Sebelumnya, Presiden Direktur dan Chief Executive Officer Adaro Energy Garibaldi Thohir mengatakan, perseroan berkomitmen untuk memberikan pengembalian pemegang saham dengan membagikan dividen tunai secara berkala.

Dividen emiten yang bergerak di sektor pertambangan batu bara itu, setara dengan 99 persen dari total laba bersih perseroan di 2020 yang sebesar 147 juta dollar AS. Sementara sisanya, sekitar 110.800 dollar AS akan dialokasikan sebagai laba ditahan.

Sementara, pergerakan indeks ADRO di pasar Bursa Efek Indonesia (BEI) pada pukul 14.05 WIB, alami kenaikan sebesar 3,29 persen atau 40 poin menjadi Rp 1.250. Adapun total nilai transaksi yang diperoleh mencapai Rp 71,84 miliar dari 58 juta lembar saham yang diperdagangkan.

Baca juga: XL Axiata Tebar Dividen Rp 339 Miliar, Catat Tanggal Pembagiannya

Disclaimer: Artikel ini bukan untuk mengajak membeli atau menjual saham. Segala rekomendasi dan analisa saham berasal dari analis dari sekuritas yang bersangkutan, dan Kompas.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang timbul. Keputusan investasi ada di tangan Investor. Pelajari dengan teliti sebelum membeli/menjual saham.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com