Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Video Gerbang Tol Pejagan Ditutup, Ini Faktanya

Kompas.com - 01/05/2021, 06:15 WIB
Muhammad Choirul Anwar

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Sebuah video yang disertai narasi penyekatan arus lalu lintas pemudik Lebaran 2021 di Gerbang Tol Pejagan Ruas Jalan Tol Kanci-Pejagan viral di masyarakat.

Video tersebut tersebar melalui sejumlah pesan berantai pada aplikasi WhatsApp dan sejumlah media sosial lainnya dalam beberapa waktu belakangan.

Dengan durasi tak sampai semenit, video tersebut merekam aktivitas petugas sedang menutup Gerbang Tol Pejagan.

Baca juga: Catat, Mulai Hari Ini Tarif Tol Ngawi-Kertosono Naik

Selain itu, terdapat pula audio yang menjelaskan bahwa Tol Kanci-Pejagan ditutup untuk pengendara dari arah Jakarta menuju ke Jawa Tengah.

Tol Kanci-Pejagan sendiri merupakan salah satu ruas yang dielola oleh PT Semesta Marga Raya. Terkait hal ini, Manajemen Operasi Ruas Tol Kanci Pejagan menyampaikan klarifikasi pelaksanaan penyekatan arus mudik/balik Lebaran Idul Fitri 2021.

“Kondisi update saat ini sampai dengan klarifikasi ini di realease, di Gerbang Tol Pejagan kondisi arus lalu lintas masih normal tanpa penyekatan,” ujar Manajemen Operasi Ruas Tol Kanci Pejagan dalam keterangan tertulisnya, dikutip pada Sabtu (1/5/2021).

Baca juga: Tarif Tol Semarang-Surabaya Terbaru, Berlaku Mulai 29 April 2021

Dengan begitu, faktanya di lapangan hingga saat ini belum ada penyekatan pemudik yang dilakukan petugas di lokasi tersebut. Artinya penutupan Gerbang Tol Pejagan adalah hoax alias tidak benar.

“Untuk rencana kegiatan penyekatan di Gerbang Tol Pejagan sendiri sesuai dengan hasil pertemuan dengan Dirlantas dan Lintas Sektoral Jawa Tengah, baru akan dilakukan pada tanggal 6 Mei 2021 sampai dengan 17 Mei 2021,” paparnya.

Operator tol juga menyampaikan asal mula video tersebut bisa viral, terkait waktu pengambilan gambarnya yang dilakukan di lokasi.

Baca juga: Tarif Tol Jakarta-Surabaya Terbaru, Berlaku Mulai 29 April 2021

“Bahwa berita yang beredar di masyarakat perihal adanya penyekatan di Gerbang Tol Pejagan sudah dimulai itu adalah video penyekatan Lebaran Idul Fitri tahun 2020,” tegasnya.

Ini berarti video tersebut adalah video lama yang bukan diambil dalam beberapa waktu belakangan, namun kembali tersebar luas atau viral lagi pada beberapa hari terakhir ini.

“Untuk meminimalisir informasi-informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan dan untuk mengetahui kondisi terkini di Gerbang Tol Pejagan, silahkan menghubungi Call Center ruas Tol Kanci Pejagan di nomor 0231 8638809 atau di nomor Whatts App 0811-1111-1535,” tandasnya.

Baca juga: Update Tarif Tol Trans Jawa 2021, Lengkap dari Merak ke Probolinggo

Sebagai informasi, Jalan Tol Ruas Kanci - Pejagan sepanjang 35 Km yang dikelola oleh PT. Semesta Marga Raya merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Jawa.

Tol Kanci – Pejagan melintasi 2 provinsi yakni Jawa Barat dan Jawa Tengah, dengan rincian 12 kecamatan dan 45 desa.

Hampir 95 persen kondisi lingkungan koridor jalan tol baik di sisi kiri maupun di sisi kanan berupa lahan persawahan/perkebunan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com