Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Soal Vaksinasi Pekerja, Menaker Ida: Diharapkan Dapat Memperkuat Kesehatan

Kompas.com - 01/05/2021, 19:06 WIB
Nana Triana,
A P Sari

Tim Redaksi

Menteri ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziayah mengatakan, program vaksinasi pekerja diharapakan dapat memberikan pelindungan bagi para pekerja sehingga mereka bisa bekerja dan beraktivas kembali secara normal dalam keadaan sehat.

"Jadi dengan adanya program vaksinasi pekerja ini, diharapkan dapat memperkuat kesehatan dan pelindungan pekerja sekaligus menekan semaksimal mungkin penyebaran Covid-19 di lingkungan kerja," kata Menaker Ida dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Sabtu (1/5/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Menaker Ida mengapresiasi kerja sama Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, Kamar Dagang dan Industri (Kadin), dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) dalam pelaksanaan vaksinasi untuk 200 Pekerja industri maupun sektor pelayanan publik yang dilaksanakan di Jakarta, Sabtu.

Menurut Ida, program vaksinasi pekerja merupakan  kegiatan positif dalam perayaan Hari Buruh Internasional atau May day 2021 yang mengedepankan penanganan dampak pandemi Covid-19, terutama di sektor ketenagakerjaan.

Baca juga: Menaker: May Day 2021 Harus Kita Maknai sebagai Perayaan atas Harapan

"Di perayaan May Day tahun ini, saya mengajak teman teman pekerja, pengusaha, untuk bersama sama melakukan kegiatan positif, baik itu kegiatan keagamaan maupun sosial, sehingga akan menjadi lebih bermakna dalam merayakan Hari Buruh ini," ujar Menaker Ida.

Ida juga menambahkan, pelaksanaan vaksinasi yang dilakukan ini merupakan awal dari rangkaian kegiatan yang akan di lakukan oleh Kementerian Ketenagakerjaan.

Ia menambahkan, pihaknya juga akan memberikan vaksin bagi 800 pekerja atau buruh yang akan dilaksanakan di Kantor Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Jakarta.

Lebih lanjut, Menaker Ida berpesan kepada pekerja buruh yang sudah mendapatkan vaksin agar tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes), tetap berinovasi, serta terus berkarya secara produktif, kompetitif, dan sejahtera.

Sementara itu, wakil gubernur (Wagub) DKI Jakarta Riza Patria menyampaikan dukungannya kepada Pemerintah dalam merayakan May Day 202 dengan melakukan berbagai kegiatan positif.

Baca juga: Soal RUU PKS, Menaker Ida: Ini Sebagai Upaya Melindungi Buruh

"Melalui tema ‘May Day : Recover Together’ ini, saya mengajak seluruh pemangku kepentingan dunia usaha dan pekerja di DKI Jakarta, untuk bersama sama bangkit memulihkan perekonomian dan tetap memperhatikan prokes yang berlaku," ujar Riza.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com