Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perusahaan Investasi Milik Warren Buffet Catatkan Laba Bersih Rp 169,6 Triliun

Kompas.com - 02/05/2021, 06:41 WIB
Rully R. Ramli,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan investasi Berkshire Hathaway, mencatatkan kinerja positif pada kuartal pertama tahun ini.

Dilansir dari CNN, Minggu (2/5/2021), perusahaan milik Warren Buffet itu membukukan laba bersih sebesar 11,7 miliar dollar AS atau setara Rp 169,6 triliun (asumsi kurs Rp 14.500 per dollar AS) pada kuartal I-2021.

Realisasi tersebut jauh lebih baik ketimbang periode yang sama tahun sebelumnya, di mana perusahaan yang memiliki saham dari Dairy Queen hingga Geico itu mencatatkan kerugian sebesar 50 miliar dollar AS atau setara Rp 725 triliun.

Baca juga: Pertama Kalinya, Nilai Kekayaan Warren Buffett Lampaui Rp 1.440 Triliun

Pertumbuhan positif laba bersih itu tidak terlepas dari realisasi pendapatan operasional Berkshire Hathaway sebesar 7 miliar dollar AS atau setara Rp 101,5 triliun.

Pendapatan berhasil diraup perusahaan bermarkas di Omaha, Nebraska itu seiring dengan mulai pulihnya perusahaan-perusahaan kelolaan yang bergerak di sektor manufaktur, jasa, hingga ritel dari dampak pandemi Covid-19.

Meskipun tren pemulihan sudah terlihat, Berkshire Hathaway lebih memilih untuk membeli saham yang sempat mereka lepas, daripada melakukan langkah yang agresif, yakni melakukan akuisisi perusahaan.

Sejak Januari hingga Maret 2021, Berkshire Hathaway telah menggelontorkan 6,6 miliar dollar AS atau setara Rp 95,7 triliun untuk membeli kembali saham seri A dan saham seri B.

Baca juga: Di Tengah Keterpurukan Bisnis Migas, Warren Buffett Justru Borong Saham Chevron

Meskipun telah banyak mengeluarkan biaya investasi, total kas perusahaan masih tumbuh dari 138,3 miliar dollar AS atau Rp 2.005,3 triliun pada akhir 2020 menjadi 145,4 miliar dollar AS atau setara Rp 2.108 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com