Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara dan Syarat Buka Rekening Bank Mandiri Online

Kompas.com - 04/05/2021, 07:11 WIB
Mutia Fauzia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Perkembangan teknologi perbankan digital membuat beragam layanan perbankan lebih mudah diakses oleh masyarakat.

Tak hanya untuk transaksi saja, bahkan kini membuka rekening bank sudah bisa dilakukan dengan platform digital.

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (Bank Mandiri) merupakan salah satu bank pelat merah yang kini telah menyediakan layanan pembukaan rekening secara online. Dengan demikian, calon nasabah tak perlu lagi mendatangi kantor cabang terdekat untuk bisa mendapatkan tabungan Bank Mandiri.

Baca juga: Cara Buka Rekening BRI Secara Online Tanpa Perlu ke Kantor Cabang

Calon nasabah bisa melakukan pembukaan rekening tabungan dengan mengakses laman https://join.bankmandiri.co.id menggunakan mobile browser yang ada di ponsel/ smartphone.

Perlu diketahui, laman tersebut hanya bisa diakses dengan mobile browser atau perangkat handphone, tidak bisa diakses dengan browser di perangkat komputer atau laptop.

Dikutip dari laman bankmandiri.co.id dijelaskan, perangkat dengan sistem operasi iOS atau iPhone browser yang digunakan yaitu Safari dan optimum di versi 12 ke atas.
Untuk perangkat dengan sistem operasi Android, browser yang digunakan yaitu Goggle Chrome dan optimum berjalan di versi 72 ke atas.

Bank Mandiri mengatakan, pembukaan rekening secara online juga bisa dilaklukan oleh nasabah lama yang telah memiliki produk aktif di Bank Mandiri. Nasabah yang sudah memiliki rekening bisa membuka rekening online dengan verifikasi tabungan dan PIN Kartu Debit atau Kartu Kredit terlebih dahulu.

Baca juga: Beda Cara Menggunakan SMS Banking, Mobile Banking, dan Internet Banking

Untuk mengetahui syarat dan cara membuka rekening Bank Mandiri secara online, simak hal berikut:

Syarat Buka Rekening Bank Mandiri Online

  • Setoran awal minimal Rp 50.000
  • Kartu identitas Warga Negara Indonesia: KTP yang masih berlaku
  • NPWP
  • Tanda tangan di kertas putih

Cara Buka rekening Bank Mandiri Online

  1. Buka laman https://join.bankmandiri.co.id di ponsel atau smartphone 
  2. Calon nasabah melakukan verifikasi data
  3. Tahap selanjutnya, calon nasabah harus melengkapi data yang sudah dimasukkan
  4. Kemudian, petugas Bank Mandiri akan melakukan verifikasi melalui panggilan video. Verifikasi video call dengan customer service Bank Mandiri hanya bisa dilakukan setiap hari pada pukul 08.00 WIB hingga 21.00 WIB
  5. Terakhir, calon nasabah diminta membubuhkan tanda tangan digital 
  6. Rekening otomatis akan aktif setelah nasabah melakukan verifikasi dengan customer service dan melakukan tanda tangan elektronik
  7. Nasabah perlu membuat PIN SMS banking sampai dengan nomor rekening muncul di layar nasabah (dan email konfirmasi pembukaan rekening berhasil)
  8. Nasabah melakukan setoran melalui transfer ke rekening online bisa dilakukan baik dari Bank Mandiri maupun bank lain, melalui ATM, serta melalui teller di cabang Bank Mandiri
  9. Bila nasabah tidak melakukan setor tunai dalam periode tertentu sesuai produk tabungan yang dipilih, maka rekening ditutup otomatis
  10. Nasabah akan mendapatkan kartu debit setelah membuka rekening Bank Mandiri online. Nasabah bisa memilih untuk mengajukan kartu debit di kantor cabang Bank Mandiri terdekat, atau dikirmkan sesuai ke alamat yang diinginkan nasabah.
  11. Nasabah bisa melakukan berbagai layanan Bank Mandiri secara online dengan mengunduh Livin' By Mandiri serta memasukkan nomor handphone yang didaftarkan pada proses pembukaan rekening

Baca juga: Cara Buka Rekening BCA Online, Tanpa ke Kantor Cabang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com