Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jeff Bezos Jual Saham Amazon Senilai Rp 29 Triliun, Untuk Apa?

Kompas.com - 06/05/2021, 08:03 WIB
Mutia Fauzia

Penulis

Sumber CNBC


NEW YORK, KOMPAS.com - CEO Amazon Jeff Bezos pekan ini telah menjual saham perusahaannya senilai 2 miliar dollar AS atau sekitar Rp 29 triliun (kurs Rp 14.500).

Dilansir dari CNBC, Kamis (6/5/2021) berdasarkan dokumen Komisi Sekuritas dan Bursa setempat dijelaskan, Bezos telah menjual saham Amazon senilai 684 juta dollar AS pada hari Selasa (4/5/2021). Sebelumnya, ia juga sudah menjual sekitar 1,27 miliar dollar AS saham Amazon di hari Senin. Artinya, ia menjual sekitar 1,95 miliar dollar AS Amazon dalam dua hari terakhir.

Namun demikian, pihak Amazon tidak memberikan komentar mengenai aksi jual saham yang dilakukan oleh Bezos.

Baca juga: Meroket 224 Persen, Laba Amazon Capai Rp 117 Triliun di Kuartal I-2021

Aksi jual saham Amazon oleh Bezos tersebut dilakukan sepekan setelah perusahaan yang ia dirikan mempublikasikan laporan keuangan kuartal I-2021.

Kinerja Amazon berhasil melampaui ekspektasi para analis. Sebab, kinerja perusahaan tercatat kian cemerlang di tengah pandemi yang menyebabkan lonjakan aktivitas e-commerce.

Bezos sendiri diketahui telah melakukan aksi jual saham Amazon beberapa waktu terakhir, yakni pada Februari lalu sebesar 4,1 miliar dollar AS dan lebih dari 3 miliar dollar AS pada November tahun lalu.

Sebelumnya, pendiri Amazon tersebut juga sempat mengatakan akan menjual saham Amazon senilai 1 miliar dollar AS setiap tahun untuk mendanai perusahaan roketnya, Blue Origin.
Perusahaan tersebut kini juga tengah berkembang. Terakhir, Blue Origin mengumumkan untuk pertama kalinya bakal meluncurkan kru astronot mereka ke luar angkasa pada musim panas ini.

Baca juga: Kalahkan Jeff Bezos, Elon Musk Menangkan Kontrak Bangun Roket dari NASA

Bezos juga mengalokasikan modal tambahan untuk Day One Fund, organisasi yang dia luncurkan pada September 2018 untuk memberikan pendidikan di komunitas berpenghasilan rendah dan memerangi tunawisma. November lalu, yayasan tersebut memberikan 98,5 juta dollar AS dalam bentuk hibah kepada 32 kelompok.

Inisiatif ini diharapkan menjadi fokus utama Bezos setelah dia mengundurkan diri pada kuartal III-2021 mendatang.

Setelah lengser dari jabatannya, posisi Bezos akan digantikan oleh Andy Jassy. Sementara Bezos akan menduduki posisi sebagai Executive Chairman Amazon.

Baca juga: Gantikan Jeff Bezos Jadi CEO Amazon, Siapakah Andy Jassy?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com