Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peringatan Elon Musk Soal Mata Uang Kripto: Menjanjikan tapi Hati-hati

Kompas.com - 09/05/2021, 11:38 WIB
Mutia Fauzia

Penulis

Sumber CNBC

NEW YORK, KOMPAS.com - CEO Tesla Elon Musk merupakan salah satu sosok kunci dibalik lonjakan minat masyarakat terhadap dogecoin. Pasalnya, secara konsisten Musk mengunggah konten terkait dengan dogecoin melalui akun Twitternya.

Namun demikian, dalam sebuah unggahan Twitter sebelum dirinya tampil sebagai pembawa acara di program TV Saturday Night Live, ia memberikan beberapa pesan kepada 53 juta followersnya.

""Mata uang kripto itu menjanjikan," ujar Musk dalam tweetnya, Jumat (7/5/2021).

Baca juga: Lagi, Cuitan Elon Musk Bikin Harga Dogecoin Meroket ke Level Tertinggi

"Tapi tolong, berinvestasilah secara hati-hati," lanjut dia.

Di dalam unggahan tweet tersebut, Musk juga menautkan cuplikan video wawancaranya dengan TMZ pada Februari lalu. Kala itu, ia juga memberi peringatan untuk investor mata uang kripto.

"Tidak seharusnya seluruh uang tabungan diinvestasikan di mata uang kripto, itu tidak bijaksana," ujar dia.

"Namun jika Anda ingin berspekulasi dan bersenang-senang, ini kesempatan yang bagus, sebab kripto adalah masa depan mata uang dunia. Kemudian mata uang kripto yang mana yang tepat? Mungkin ada beberapa. Namun sampai saat ini semua masih bersifat spekulasi," lanjut Musk.

Baca juga: Tertarik Investasi di Bitcoin dan Mata Uang Kripto Lainnya? Simak Dulu Tips Ini

Dilansir dari CNBC, Minggu (9/5/2021), peringatan untuk investor mata uang kripto oleh Musk tersebut pun didukung oleh pendapat para ahli. Mereka berpandangan, investasi yang dilakukan di aset kripto sebaiknya dilakukan sesuai dengan kemampuan investor yang bersangkutan. Meski demikian, sebagian besar dari ahli tersebut tak sepakat bila mata uang kripto dianggap sebagai masa depat alat pembayaran.

"Karena nilainya tidak benar-benar berhubungan dengannilai-nilai tertentu, seperti halnya real estate, laba, atau suku bunga. Hampir tidak ada cara untuk bisa memprediksi apakah nilainya akan naik atau turun dalam waktu tertentu," ujar editor fintech newsletter FIN James Ledbetter.

Musk, di sisi lain merupakan salah satu pendukung dogecoin. Dogecoin adalah mata uang yang mulanya diciptakan sebagai lelucon dengan logo meme anjing Shiba Inu.

"Poinnya saat ini dogecoin diciptakan sebagai lelucon terutama untuk mengolok-olok mata uang kripto," ujar dia kepada TMZ.

"Nyatanya takdir menyukai ironi. Dan apa lagi yang lebih ironis? Ternyata mata uang yang diciptakan sebagai lelucon sekarang benar-benar menjadi mata uang. To the moon!," ujar Musk.

Baca juga: Bermula dari Meme, Harga Dogecoin Melesat 27.000 Persen dalam Setahun

Ledbetter pun memberi pandangannya mengenai risiko investasi dogecoin. Ia menekankan, bila seseorang berinvestasi di dogecoin berisiko rugi. Artinya, uang yang diinvestasikan berisiko hilang secara keseluruhan.

"(Dogecoin) tidak memiliki nilai intrinsik dan sangat mungkin harganya tiba-tiba jeblok setelah sebelumnya sempat menguat," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com