Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Helikopter Polisi Dikerahkan Angkut Material Listrik

Kompas.com - 12/05/2021, 11:45 WIB
Heru Dahnur ,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

PANGKALPINANG, KOMPAS.com - Helikopter milik Polda Kepulauan Bangka Belitung dikerahkan untuk mengangkut material pembangkit listrik Mobile Power Plant (MPP) dari Belitung menuju Bangka, Kepulauan Bangka Belitung.

Distribusi material MPP mendesak dilakukan setelah petugas lapangan menemukan adanya gangguan pembangkit di sistem Bangka.

"Kami bersinergi dengan Polda Babel untuk mengangkut material MPP yaitu modul card, yang ada di Belitung. Karena sifatnya segera dan membutuhkan penanganan secepat mungkin, maka dipilih helikopter sebagai moda transportasinya," kata General Manager PLN Babel, Amris Adnan, Senin (10/5/2021).

Baca juga: Beban Puncak Listrik Naik Saat Lebaran, PLN Pastikan Pasokan Aman

Mobilisasi secara cepat dilakukan demi menjaga keandalan pasokan listrik khususnya menjelang hari raya Idul Fitri 1442 H.

Pihak PLN juga memerkirakan tak cukup waktu jika memberangkatkan petugas dan materiaL menggunakan angkutan komersial karena adanya pembatasan perjalanan. 

"Mengingat larangan mudik sudah diberlakukan dan jadwal penerbangan sudah mengalami pengaturan, sehingga tidak ada lagi pesawat dari Belitung ke Bangka, maka Polda menawarkan solusi untuk menjemput sparepart menggunakan heli," ujar Amris.

Pilot Heli Polda Babel, Ali Harahap mengatakan, perjalanan memakan waktu sekitar 1 jam 30 menit dari Pangkalpinang dengan titik pengambilan barang di Belitung.

Baca juga: Beban Listrik Jawa-Bali Mulai Naik, Tanda Ekonomi Bangkit Kembali

"Diperkirakan dalam waktu tiga jam proses pengangkutan material dapat terselesaikan," ujar Ali.

Satu unit MPP mengalami gangguan pada alat komunikasi. Dengan material tersebut diharapkan gangguan dapat segera teratasi untuk membackup suplai listrik di Bangka. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com