Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Kepadatan, Perjalanan KRL Hari ini Diperbanyak

Kompas.com - 15/05/2021, 11:46 WIB
Rully R. Ramli,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT KAI Commuter kembali mengoperasikan 14 jadwal perjalanan KRL tambahan pada hari ini, Sabtu (15/5/2021).

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan, dengan tambahan perjalanan tersebut, maka secara keseluruhan KAI Commuter mengoperasikan 900 perjalanan KRL per hari dengan jam operasional pukul 04.00-20.00 WIB.

Penambahan perjalanan tersebut akan beroperasi sebagai feeder Manggarai-Duri PP yang menghubungkan tiga stasiun transit dengan volume pengguna cukup besar yaitu Manggarai, Tanah Abang, dan Duri.

Baca juga: Kini Kirim Barang lewat KAI Bisa Langsung Diantar ke Alamat Tujuan

“Selain itu KAI Commuter juga menyiapkan tambahan perjalanan KRL ke rute-rute lainnya bila ada potensi kepadatan pengguna,” kata Anne dalam keterangan tertulis, Sabtu.

Pada hari kedua Lebaran, Jumat (14/5/2021), jumlah pengguna KRL Jabodetabek hingga pukul 19.00 WIB mencapai 239.129 orang.

Jumlah tersebut meningkat 26 persen dibanding hari pertama Idul Fitri yang jumlah penggunanya pada kurun waktu sama hanya 188.434 orang.

Meskipun ada kenaikan, jumlahnya masih di bawah rata-rata pengguna KRL pada hari kerja yang mencapai sekitar 400.000 pengguna di masa pandemi ini.

“Kebanyakan dari mereka adalah pengguna musiman yang tidak rutin menggunakan KRL,” ujar Anne.

Baca juga: Apakah Naik Kereta Api Jarak Jauh Harus Pakai Rapid Test?

Sebagai upaya mengurai antrean di loket untuk pembelian maupun isi ulang Tiket Harian Berjaminan (THB), mulai 15-17 Mei 2021 KAI Commuter juga kembali menjalankan program promosi Kartu Multi Trip (KMT).

KMT yang normalnya dijual seharga Rp 30.000 sudah termasuk saldo Rp 10.000, bisa didapatkan dengan harga Rp 20.000 sudah termasuk saldo Rp 10.000.

“Program promosi ini berlangsung di enam stasiun yang cukup tinggi volume penggunanya selama masa libur lebaran ini yaitu Stasiun Bogor, Cikarang, Bekasi, Manggarai, Tanah Abang, dan Tangerang,” ucap Anne.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com