Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Jadwal Bus Gratis untuk Mengurai Kepadatan Penumpang KRL Jabodetabek

Kompas.com - 16/05/2021, 07:42 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah masih menyediakan angkutan bus gratis yang dioperasikan khusus pada Minggu, 16 Mei 2021.

Kepala BPTJ, Polana B. Pramesti menyampaikan penyediaan bus gratis dilaksanakan menyusul terjadinya konsentrasi penumpang pada jam-jam tertentu di KRL Jabodetabek yang terjadi selama libur Hari Raya Idul Fitri 1442 H.

“Kita tidak bisa pungkiri, meskipun pergerakan di wilayah aglomerasi telah dibatasi selama masa Libur Lebaran 1442 H, masih banyak masyarakat Jabodetabek yang memutuskan untuk melakukan kegiatan berpergian menggunakan angkutan umum massal,” ujar Polana melalui siaran pers, Sabtu (15/5/2021).

Baca juga: Ke Gilimanuk, Menhub Pantau Kesiapan Antisipasi Arus Balik

Menurut Polana, penumpang KRL didominasi oleh rombongan keluarga dan orang-orang yang dalam kesehariannya tidak menggunakan KRL. Dia bilang, para penumpang ini masih belum terbiasa terhadap protokol kesehatan di angkutan umum massal terutama pemenuhan ketentuan jaga jarak.

“Sangat berbeda dengan para komuter yang setiap hari menggunakan angkutan umum massal sehingga kultur bertransportasi seperti disiplin prokes telah terbentuk,” jelas dia.

Polana menegaskan, keberadaan angkutan bus alternatif ini disediakan tidak untuk memberikan kelonggaran terhadap masyarakat untuk leluasa berpergian.

Baca juga: 10 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli Aset Kripto

Menurut Polana ketersediaan bus sebagai angkutan alternatif yang dipersiapkan untuk mendukung pemenuhan ketentuan jaga jarak hanya akan dioperasionalkan manakala terjadi lonjakan penumpang KRL yang berpotensi terganggunya penegakan protokol kesehatan.

“Sebaliknya apabila tidak terdapat lonjakan, maka bus yang telah dipersiapkan juga tidak akan dioperasionalkan,” jelas Polana.

Lebih lanjut Polana juga menambahkan meski jadwal bus telah ditentukan, namun demikian dalam implementasinya fleksibel menyesaikan kebutuhan di lapangan. Adapun jadwal bus selengkapnya yang telah dipersiapkan sebagai berikut:

1. Minggu pagi

Sekitar pukul 08.30 WIB, disediakan 8 unit, masing-masing 4 (empat) bus dari Stasiun Bekasi dan Stasiun Cikarang menuju Stasiun Manggarai, Stasiun Tebet, Stasiun Gondangdia dan Stasiun Juanda.

2. Minggu sore

Sekitar jam 15.30 WIB disediakan 8 unit, masing-masing 1 (satu) bus dari Stasiun Manggarai, Stasiun Tebet, Stasiun Gondangdia dan Stasiun Juanda dengan tujuan ke Stasiun Bekasi, Stasiun Cikarang, Stasiun Depok Lama dan Stasiun Bogor.

Baca juga: Kontrol Arus Balik Lebaran, Ini Titik Penyekatan dan Rapid Test Antigen Acak

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com