Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kartu ATM atau Kartu Kredit Hilang, Ini yang Harus Dilakukan

Kompas.com - 17/05/2021, 19:26 WIB
Mutia Fauzia

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Kehilangan kartu debit atau kartu ATM serta kartu kredit sangat mungkin terjadi pada setiap nasabah bank.

Kartu ATM atau kartu kredit hilang bisa saja terjadi baik karena kelalaian nasabah maupun karena kejahatan yang dilakukan kepada nasabah seperti penjambretan, pencurian, dan penipuan.

Meski saat ini penggunaan tanda tangan sudah tak bisa lagi dilakukan untuk transaksi kartu kredit, namun berbagai tindak penyalahgunaan masih bisa saja dilakukan bila kartu tersebut berada di tangan yang salah.

Baca juga: Bukan KTP atau Kartu Kredit, Ini 6 Syarat Jika Ingin Mengajukan Pinjaman KTA

Dikutip dari laman resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), nasabah pun dianjurkan untuk tidak panik bila kehilangan kartu debit atau kartu kredit.

Untuk itu, berikut langkah yang perlu dilakukan bila kartu debit atau kartu kredit hilang:

  1. Jangan panik, pastikan Anda mengetahui nomor Pusat Layanan (Call Center) yang benar-benar dimiliki oleh bank. Umumnya, nomor telepon pusat layanan diawali angka 140XY atau 1500XYZ. Jangan terlalu terburu-buru menghuburngi nomor telepon yang ada pada mesin ATM atau selebaran yang tidak resmi. Hal ini untuk mencegah terjadinya penipuan kartu ATM tertelan.
  2. Segeralah melapor ke bank penerbit kartu, maksimal 1 x 24 jam agar kartu segera diblokir. Usaha ini untuk menghindari pemakaian kartu kredit/ ATM oleh pihak lain.
  3. Catatlah waktu pemblokiran dan nama petugas bank yang melayani pemblokiran kartu. Hal ini diperlukan jika tetap ada transaksi pasca permintaan pemblokiran.
  4. Selama Anda tidak melaporkan kehilangan kepada penerbit kartu, transaski yang terjadi menjadi tanggung jawab Anda sebagai pemegang kartu. Jangan lupa untuk memberikan surat pernyataan kehilangan yang Anda tandatangani. Mintalah kartu baru untuk menggantikan kartu yang hilang. Perhatikan dokumen yang harus dipenuhi untuk penggantian kartu tersebut.

Baca juga: Penukaran Uang Baru Terbatas, Nasabah Pilih Tarik di ATM Pecahan Rp 20.000

Sementara itu, untuk lebih jelasnya, berikut call centre beberapa bank yang bisa Anda hubungi bila kehilangan kartu kredit atau kartu debit:

  • Halo BCA 1500888
  • Bank Mandiri 14000
  • BNI 1500046
  • BRI 1500017

Baca juga: 16 Persen Nasabah BNI Masih Gunakan Kartu Debit Strip Magnetik

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com