Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rencana Pembukaan Kunjungan Wisatawan, Sandiaga Uno Bertemu Dubes Rusia hingga Inggris

Kompas.com - 19/05/2021, 18:37 WIB
Kiki Safitri,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sanfdiaga Uno memantapkan kembali rencana pembukaan wisata domestik untuk kunjungan wisatawan mancanegara. Hal ini dibuktikan dengan pertemuannya bersama para duta besar dari beberapa negara, Selasa malam (18/5/2021).

Melansir Instagram miliknya Rabu (19/5/2021), Sandiaga mengungkapkan pertemuannya dengan para duta besar dari negara Singapura, Vietnam, Rusia, Belgia, Belanda, Perancis dan Inggris, untuk membahas terkait dengan penerapan konsep Travel Corridor Arrangement (TCA).

“Saya bertemu dengan para Duta Besar dari beberapa negara. Pertemuan ini dilakukan sehubungan dengan akan dibukanya kembali perbatasan Indonesia untuk beberapa negara dengan penerapan konsep TCA,” ungkap Sandiaga melalui Instagram.

Baca juga: Sandiaga Uno Setuju Tempat Wisata Ditutup jika Tak Patuh Protokol Kesehatan

Sandiaga memastikan, rencana pembukaan kunjungan wisatawan mancanegara terus dibahas dan menjadi pertimbangan, baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Di sisi lain, ia juga memastikan penerapan CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environment Sustainability) untuk tetap dipatuhi.

“TCA terus didorong pembahasannya dan mengacu pada kondisi terkini. Ini harus dipastikan dan dipertimbangkan matang-matang, agar pembukaan TCA tidak memicu kenaikan kasus baru. Kami terus melakukan persiapan dari segi protokol kesehatan CHSE end to end,” ungkap dia dalam Weekly Press Briefing, kemarin.

Sandiaga memastikan, dengan konsep ini wisatawan yang masuk dalam keadaan sehat, sudah memenuhi persyaratan, dan siap untuk mematuhi segala protokol kesehatan, utamanya yang berlaku di Indonesia.

Baca juga: Kemenkeu Bakal Naikkan PPN, Sandiaga Uno: Timing-nya Belum Tepat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com