Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Proyeksi IHSG dan Saham-saham yang Bisa Dicermati Hari Ini

Kompas.com - 20/05/2021, 08:16 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksikan melemah pada Kamis (20/5/2021). Sebelumnya, IHSG ditutup melemah satu persen ke level 5.760,58.

CEO PT Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya mengatakan, pergerakan IHSG saat ini terlihat masih dibayangi oleh gelombang tekanan yang belum akan berakhir.

Namun, investor akan menantikan laporan dari Badan Pusat Statistik (BPS) terkait neraca perdagangan yang akan diumumkan hari ini.

"Sedangkan jelang rilis data perekonomian neraca perdagangan pada hari ini disinyalir masih berada dalam kondisi stabil. Hal ini tentunya akan turut memberikan sentimen bagi pergerakan IHSG, sehingga momentum koreksi wajar masih dapat dimanfaatkan oleh investor untuk melakukan akumulasi pembelian dengan target jangka pendek dengan kategori trading harian," ujarnya.

Baca juga: Ini Faktor Penyebab Naik Turunnya Harga Saham

IHSG diperkirakan berada di level 5.711 hingga 5.978. Adapun pilihan saham yang jadi pertimbangan dia antara lain BBCA, INDF, TLKM, BBRI, KLBF, EXCL, dan SRIL.

Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper menilai pergerakan IHSG masih dibayangi kekhawatiran semakin tingginya kasus Covid-19 di beberapa negara di Asia, termasuk di Indonesia.

Selain itu, investor juga dinilai akan mencermati pernyataan The Fed terkait kebijakan ekonomi ke depan.

"Secara teknikal tekanan jual masih sangat tinggi sehingga diperkirakan masih akan bearish dalam jangka menengah," kata dia.

Sementara itu Analis Binaartha Sekuritas Nafan Aji Gusta Utama mengatakan, berdasarkan indikator, MACD, dtochastic dan indeks kekuatan relatif atau RSI masih menunjukkan sinyal negatif.

"Di sisi lain, terlihat pola downward bar yang mengindikasikan adanya potensi pelemahan lanjutan pada pergerakan IHSG," kata Nafan.

Berdasarkan rasio fibonacci, support maupun resistance maksimum berada pada 5.711,33 hingga 5.831,51.

Baca juga: PT Pegadaian Buka Lowongan Kerja untuk Lulusan S1, Ini Posisi dan Syaratnya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com