Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Perbedaan dari ATM Link, ATM Bersama, dan ATM Prima?

Kompas.com - 22/05/2021, 08:00 WIB
Akhdi Martin Pratama

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Di Indonesia, terdapat beberapa mesin dan jaringan ATM yang tersebar di tengah masyarakat, mulai dari ATM Link, ATM Bersama, hingga ATM Prima.

Meski sudah tersebar di seluruh pelosok negeri, masih ada anggota masyarakat yang belum mengerti perbedaan ketiga ATM tersebut.

Lantas, apa sih perbedaan dari ATM Link, ATM Bersama, dan ATM Prima?

ATM Link
ATM Link adalah layanan ATM milik empat bank yang tergabung ke dalam Himpunan Bank Negara (Himbara), yaitu Bank Mandiri, BNI, BRI, dan BTN, yang memungkinkan nasabah melakukan transaksi penarikan tunai, cek saldo, transfer antarbank, pembayaran tagihan, pembelian pulsa, isi ulang uang elektronik, dan transaksi perbankan lainnya.

ATM Bersama
ATM Bersama adalah sebuah jaringan layanan bagi perbankan dan nonperbankan yang memungkinkan nasabah pemegang kartu berlogo ATM Bersama dapat memanfaatkan semua delivery channel bank yang tergabung di dalam jaringan tersebut untuk bertransaksi beda bank, seperti Cek Saldo, Tarik Tunai, dan Transfer.

Saat ini sudah ada 94 institusi perbankan dan nonperbankan yang telah menjadi anggota jaringan ATM Bersama, dan menjadikan ATM Bersama sebagai jaringan switching terbesar di Indonesia.

ATM Prima
ATM PRIMA merupakan salah satu produk dari Jaringan PRIMA yang menghubungkan transaksi finansial antarbank pada semua jaringan ATM di seluruh Indonesia.

Saat ini bank yang tergabung dalam ATM Prima telah berjumlah 78 bank.

Keunggulan

ATM Link

  • Biaya yang lebih murah untuk transaksi transfer antara Bank Himbara di seluruh jaringan ATM Link dibandingkan dengan jaringan ATM lainnya, yaitu sebesar Rp 4.000.
  • Mudah dijangkau, dengan jumlah ATM 53.000 yang tersebar di seluruh Indonesia dan menjangkau hingga pelosok terpencil di Tanah Air.

ATM Bersama

  • Transaksi diproses secara real time online.
  • ATM Bersama juga terhubung dengan prinsipal luar negeri lainnya dalam layanan Bersama Global, seperti Paynet dari Malaysia, JCB dari Jepang, dan Al-Rajhi dari Arab Saudi, sehingga nasabah Bank anggota ATM Bersama dapat melakukan transaksi Tarik Tunai di Malaysia dan Arab Saudi.

ATM Prima

  • Transaksi diproses secara real time online
  • Jaringan ATM terbesar di Indonesia
  • Terhubung dengan lebih dari 80 bank di Indonesia
  • Sistem keamanan jaringan ATM yang terjamin
  • Online settlement, dengan fitur ini maka proses settlement antarbank dapat diselesaikan dalam 1 hari kerja
  • Mempermudah dan memperluas jaringan transaksi Tarik Tunai, Cek Saldo, dan Transfer Dana antarbank
  • Memiliki lebih dari 120.000.000 kartu ATM/Debit dan jaringan lebih dari 120.000 ATM yang terkoneksi dengan Internet Banking, Mobile Banking, dan digital channel lainnya di seluruh Indonesia.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com