Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Neo Salurkan Pinjaman Rp 50 Miliar Untuk UKM Lewat Platform Modal Rakyat

Kompas.com - 24/05/2021, 12:23 WIB
Kiki Safitri,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Bank Neo Commerce (BNC) menyuntikkan dana sebesar Rp 50 miliar ke platform peer to peer lending (P2P) PT Modal Rakyat Indonesia (Modal Rakyat).

Penyaluran ini untuk mempermudah akses pembiayaan, utamanya bagi pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM).

CEO Modal Rakyat Hendoko Kwik mengatakan, melalui kerja sama dengan Bank Neo Commerce diharapkan akan memperkuat Modal Rakyat untuk bisa bisa melakukan akselerasi inklusi keuangan bagi pelaku UKM di Indonesia.

Baca juga: Persaingan Bank Digital Makin Ketat, Bank Neo Commerce Tawarkan Cuan Lebih Besar

“Melalui kerja sama ini, Bank Neo Commerce bakal menyalurkan kredit hingga Rp 50 miliar kepada pelaku UKM melalui Modal Rakyat. Kami berharap ke depan, kerja sama ini dapat terus menjadi sinergi untuk mendukung sistem keuangan digital di Indonesia,” ungkap Hendoko melalui siaran pers, Senin (24/5/2021).

Pembiayaan yang diberikan merupakan jenis pembiayaan invoice financing atau PO financing dengan nominal pembiayaan per pinjaman mencapai Rp 2 miliar.

Bergabungnya Bank Neo Commerce sebagai salah satu mitra strategis menjadi langkah bagi Modal Rakyat mendorong akses pembiayaan secara digital bagi pelaku UKM.

Hingga kini, Modal Rakyat telah menyalurkan lebih dari Rp 1,2 triliun pembiayaan sejak tahun 2018.

Pembiayaan yang diberikan Modal Rakyat memiliki proporsi 46,78 persen pada sektor Teknologi Informasi, 27,52 persen pada sektor Perdagangan, dan sisanya tersebar pada sektor-sektor lainnya seperti arsitektur dan konstruksi, fashion, logistik, kesehatan, permesinan, hingga manufaktur.

Baca juga: Dukung Keberlangsungan Bank Digital, Ini Fokus Bank Neo

Direktur Utama Bank Neo Commerce Tjandra Gunawan mengatakan, saat ini pihaknya sedang fokus mengembangkan inklusi keuangan di Indonesia dengan bekerja sama dengan berbagai pelaku keuangan, termasuk dengan Modal Rakyat.

“Kerja sama dengan Modal Rakyat semakin memperluas jangkauan kami untuk dapat membantu UKM untuk tumbuh lebih cepat di tengah pandemi,” jelas Tjandra.

Pada 2021, Bank Neo Commerce menargetkan dapat menyalurkan pembiayaan hingga Rp 500 miliar dengan bekerja sama dengan berbagai perusahaan digital ternama di Indonesia.

Harapannya, pembiayaan ini dapat mengembangkan ekosistem digital yang luas untuk dapat bertumbuh bersama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com