Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Pertamina Kembangkan Bisnis Kilang Cilacap, PGN Dukung Penuh

Kompas.com - 25/05/2021, 20:52 WIB
A P Sari,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – PT Pertamina (Persero) berkomitmen untuk menyediakan infrastruktur liquefied natural gas (LNG) terintegrasi.

Melalui subholding gas, subholding kilang, subholding shipping (PIS), dan PT Badak LNG, Pertamina berusaha untuk mendukung pengembangan bisnis kilang minyak di Cilacap.

Proyek tersebut akan menyuplai gas dengan peningkatan volume secara ramp-up (bertahap) 111 juta standar kaki kubik per hari (MMSCFD) di kilang Cilacap selama 20 tahun.

Pelaksanaan proyek itu menggunakan skema small scale land based regasification terminal dan diperkirakan memakan biaya investasi (capex) hingga 151,7 juta dollar Amerika Serikat (AS).

Baca juga: Miliki Lebih dari 500.000 Pelanggan, PGN Kembangkan Segementasi Produk

Adapun komitmen kerja sama tersebut dituangkan dalam tiga head of agreement (HOA) yang ditandatangani sejumlah pihak pada Selasa (25/5/2021).

Mereka adalah Direktur Utama Perusahaan Gas Negara (PGN) M Haryo Yunianto, Direktur PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Djoko Priyono, Direktur Utama PIS Erry Widiastono, dan Direktur Utama (Dirut) PT Badak LNG Gema Iriandus Pahalawan.

Turut hadir menyaksikan agenda penandatanganan, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati serta Direktur Logistik dan Infrastruktur Pertamina Mulyono.

Penandatanganan tersebut disaksikan oleh Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati serta Direktur Logistik dan Infrastruktur Pertamina Mulyono.

Baca juga: Berikan Pengalaman Pelanggan Terbaik, PGN Fokus Bangun Sistem Digital

Kesepakatan penting dari sinergi tersebut terletak pada tiga lingkup utama, yakni antara PGN dan KPI terkait penyediaan infrastruktur LNG.

Lalu PGN dengan PT Badak LNG untuk penyediaan fasilitas penyimpanan dan break bulking, serta PGN dengan PIS untuk utilisasi kapal LNG melalui skema long time charter atau angkutan LNG lain.

Selain itu, kerja sama itu juga menjadi batu loncatan untuk memperkuat sinergi saling menguntungkan antara subholding dan holding Pertamina Group.

Direktur Logistik dan Infrastruktur Pertamina Mulyono mengatakan, pihaknya berharap kerja sama kali ini bisa menjadi contoh bagi subholding lain.

“Ini menjadi gambaran bahwa Pertamina Group bisa bersinergi dan menghasilkan manfaat yang luar biasa,” ujar Mulyono melalui keterangan tertulisnya, Selasa.

PGN dukung penuh pengembangan Kilang Cilacap

Sementara itu, Direktur Utama PGN mengatakan, pihaknya secara penuh mendukung pengembangan bisnis kilang Pertamina di Cilacap.

Menurutnya, proyek tersebut masuk ke dalam prioritas PGN dalam menyediakan supply chain LNG secara terintegrasi.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com