Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembangunan Kereta Cepat, Ruas Tol Jakarta-Cikampek Dilakukan Buka Tutup Per 2 Juni

Kompas.com - 01/06/2021, 05:29 WIB
Ade Miranti Karunia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jasa Marga Trans Jawa Tollroad Regional Division (JTTRD) akan melakukan buka tutup jalur di ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) arah Jakarta.

Tindakan tersebut dilakukan karena adanya pelaksanaan pekerjaan pembongkaran girder jembatan yang dari proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung milik PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC).

General Manager Representative Office 1 JTTRD Widiyatmiko Nursejati menjelaskan bahwa pekerjaan pembongkaran girder jembatan di Km 5+450 sepanjang 22 meter yang melintang di atas jalur utama ruas Jalan Tol Japek akan dilaksanakan secara bertahap mulai Rabu (2/6/2021) pukul 22.00 WIB hingga Kamis (3/6/2021) pukul 04.00 dini hari.

Baca juga: Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Kapan Selesai?

"Pada saat pelaksanaan pembongkaran girder jembatan akan dilakukan pengaturan lalu lintas dengan skema buka tutup lajur. Lajur utama ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta akan ditutup sementara selama 30 menit," kata dia lewat keterangan tertulis, Selasa (1/6/2021).

Namun, pihaknya menegaskan, tidak ada penutupan di ruas Jalan Tol Japek kedua arah. Kendaraan arah Jakarta tetap dapat melintas melalui pengalihan arus lalu lintas (contraflow) mulai dari Km 5+800 sampai dengan Km 3+100.

Untuk mengantisipasi potensi kepadatan yang mungkin terjadi, JTTRD bekerja sama dengan pihak KCIC dan kepolisian telah menyiapkan mitigasi risiko berupa pemasangan spanduk atau rambu informasi lalu lintas aktivitas konstruksi selama berada di jalan tol, pengalihan arus lalu lintas yang terdampak sebelum area pekerjaan.

Mitigasi berikutnya, pemasangan rambu-rambu lalu lintas sesuai aturan yang sudah ditetapkan, pengaturan lalu lintas oleh petugas safety dan flagman, serta memonitor dan mengontrol seluruh rambu lalu lintas di area konstruksi.

Baca juga: Ada Proyek Kereta Cepat, Jasa Marga Lakukan Buka Tutup Jalur di Ruas Tol Padaleunyi

Untuk memastikan informasi ini diterima dengan baik oleh pengguna jalan, anak usaha Jasa Marga ini juga telah melakukan sosialisasi rencana pekerjaan dengan memasang media luar ruang di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek maupun arah Jakarta.

"Kami memohon maaf kepada pengguna jalan atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan akibat pekerjaan pembongkaran girder jembatan dimaksud. Jasa Marga mengimbau pengguna jalan dapat mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com