Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenhub Buka Program Studi S2 Terapan Pelayaran, Tertarik?

Kompas.com - 02/06/2021, 09:23 WIB
Yohana Artha Uly,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membuka program studi S2 (Pascasarjana) Terapan di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta. Pembukaan program vokasi ini diharapkan bisa meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di bidang kemaritiman.

“Program Magister Terapan di bidang pelayaran ini adalah yang pertama ada di Indonesia. Keberadaan prodi ini diharapkan semakin meningkatkan kualitas SDM maritim Indonesia,” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam keterangannya, Rabu (2/6/2021).

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 001/D/O/2021 tentang Izin Pembukaan Program Studi Magister Terapan di STIP Jakarta, ada dua program studi yang dibuka.

Baca juga: Kemenperin Akan Data Kebutuhan Mesin IKM

Terdiri dari prodi Pemasaran, Inovasi dan Teknologi Program Magister Terapan (M.Tr.M) dengan sebanyak 48 Satuan Kredit Semester (SKS) dan Teknik Keselamatan dan Resiko Program Magister Terapan (M.Tr.T) dengan total 49 SKS.

Menurut Budi Karya, pembukaan prodi magister terapan di bidang pelayaran ini sekaligus menjadi proyek percontohan bagi sekolah tinggi di sektor lainnya yang ada di bawah pengelolaan Badan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Kemenhub dalam mengadakan prodi magister terapan.

"Ini akan dijadikan proyek percontohan bagi sekolah tinggi di sektor lainnya yakni di darat, udara, dan perkeretaapian untuk mengadakan prodi magister terapan," kata dia.

Widyaswara Ahli Utama Kemenhub Sugihardjo menambahkan, pembukaan prodi magister terapan di sektor pelayaran ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pasar kerja di sektor pelayaran baik domestik maupun internasional.

Baca juga: Berapa Harga Pemakaman di San Diego Hills?

Ia bilang, dengan dibukanya dua prodi magister terapan di STIP Jakarta, akan memberikan kesempatan kepada dosen dan pegawai di sektor transportasi Laut untuk melanjutkan jenjang pendidikan S-2 yang linier dengan latar belakang pendidikan dan tugas kedinasannya.

“Visi dari dibukanya program ini adalah menjadikan program studi magister terapan ini bertaraf internasional yang menghasilkan SDM perhubungan yang profesional,” kata Sugihardjo.

Adapun pendaftaran program Magister Terapan ini telah dibuka mulai awal Mei 2021 hingga Juli 2021 yang terbagi dalam 3 gelombang. Pertama telah dibuka dari 3 Mei hingga 23 Mei 2021, kedua dibuka dari 24 Mei hingga 21 Juni, dan ketiga dibuka dari 23 Juni hingga 21 Juli.

Sementara kegiatan perkuliahan akan dimulai pada Agustus 2021 mendatang. Untuk informasi lebih lengkap mengenai persyaratan pendaftarannya bisa mengunjungi website resmi STIP Jakarta di http://pmb.stipjakarta.ac.id

Baca juga: Turun Rp 4.000, Simak Rincian Harga Emas Batangan Antam Hari Ini

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com