Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bill Gates dan Warren Buffett Akan Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir

Kompas.com - 04/06/2021, 17:39 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Duo miliarder, Bill Gates dan Warren Buffett, akan membangun reaktor nuklir generasi berikutnya senilai 1 miliar dollar AS atau Rp 14,32 triliun (kurs Rp 14.300) di Wyoming. Hal tersebut diungkapkan oleh Gubernur Wyoming Mark Gordon pada hari Rabu (3/6/2021).

Melansir Reuters via Kontan.co.id, Jumat (4/6/2021), perusahaan milik Gates (TerraPower) dan perusahaan listrik Buffett (PacifiCorp), mengatakan dalam siaran pers bahwa mereka telah memilih Wyoming untuk proyek reaktor pertama mereka, yang disebut Natrium, di lokasi pabrik batu bara tua.

TerraPower dan PacifiCorp mengatakan, lokasi yang tepat dari pabrik demonstrasi reaktor Natrium diperkirakan akan diumumkan pada akhir tahun.

Baca juga: Bill Gates Menjadi Penguasa Lahan Pertanian di AS

Reaktor kecil yang maju, yang menggunakan bahan bakar yang berbeda dari reaktor tradisional, dianggap oleh sejumlah pihak sebagai teknologi bebas karbon kritis yang dapat melengkapi sumber daya intermiten seperti angin dan matahari karena negara berusaha untuk mengurangi emisi yang menyebabkan perubahan iklim.

"Ini adalah jalur tercepat dan terjelas kami untuk menjadi negatif karbon," kata Gubernur Wyoming Mark Gordon.

Dia menambahkan, "Tenaga nuklir jelas merupakan bagian dari strategi energi di Wyoming."

Informasi saja, Wyoming merupakan penghasil batu bara terbesar di Amerika.

Proyek ini memiliki reaktor cepat berpendingin natrium 345 megawatt dengan penyimpanan energi berbasis garam cair yang dapat meningkatkan output daya sistem hingga 500 MW selama permintaan daya puncak. TerraPower mengatakan tahun lalu bahwa pabrik akan menelan biaya sekitar 1 miliar dollar AS.

Mengutip Reuters, akhir tahun lalu, Departemen Energi AS memberikan TerraPower 80 juta dollar AS dalam pendanaan awal untuk mendemonstrasikan teknologi Natrium, dan departemen tersebut telah berkomitmen untuk mendanai tambahan di tahun-tahun mendatang sesuai dengan alokasi kongres.

Chris Levesque, Presiden dan CEO TerraPower, mengatakan pabrik percontohan akan memakan waktu sekitar tujuh tahun untuk dibangun.

Baca juga: Perusahaan Investasi Milik Warren Buffet Catatkan Laba Bersih Rp 169,6 Triliun

"Kami membutuhkan energi bersih semacam ini di jaringan pada 2030-an," katanya kepada wartawan.

Menurut sebuah laporan baru-baru ini, pakar tenaga nuklir telah memperingatkan bahwa reaktor canggih dapat memiliki risiko lebih tinggi daripada yang konvensional.

Bahan bakar untuk banyak reaktor canggih harus diperkaya pada tingkat yang jauh lebih tinggi daripada bahan bakar konvensional, yang berarti rantai pasokan bahan bakar dapat menjadi target yang menarik bagi militan yang ingin membuat senjata nuklir mentah.

Levesque mengatakan bahwa pembangkit tersebut akan mengurangi risiko proliferasi karena mereka mengurangi limbah nuklir secara keseluruhan.

Selain membawa listrik bebas karbon secara online, Senator Wyoming John Barrasso mengatakan pembangunan proyek percontohan dapat mengangkat industri pertambangan uranium negara yang pernah aktif.

 

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Bill Gates-Warren Buffett bangun reaktor nuklir senilai Rp 14,32 triliun di Wyoming

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com