Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Miliki 60 Cabang dan 600 Karyawan, Ini Rahasia Sukses Ayam Keprabon Express

Kompas.com - 04/06/2021, 21:02 WIB
Inang Sh ,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dalam beberapa tahun terakhir, bisnis makanan dan minuman (mamin) di Indonesia diramaikan dengan berbagai pendatang baru baik dari dalam dan luar negeri.

Salah satu pelaku bisnis mamin lokal yang sukses menggebrak adalah Ayam Keprabon Express. Pasalnya, sejak berdiri hingga kini gerai makanan yang terkenal dengan varian ayam geprek ini berkembang pesat.

Hingga kini, usaha yang dirintis oleh Renny Rantika dan suaminya ini telah berhasil memiliki 600 karyawan dan 60 gerai waralaba yang tersebar di berbagai daerah.

Namun, meski telah sukses, usaha mamin ini awalnya hanya punya satu outlet yang berdiri di kota asalnya, Solo.

Untuk memasarkan produknya, Renny pun memanfaatkan beragam kampanye dari marketplace. Salah satunya adalah kampanye 6.6 ShopeePay Mid Year Deals.

Bukan cuma itu, dalam kampanye tersebut, ShopeePay mengajak pula pelaku industri mamin lokal yang tumbuh dan sukses membagikan tipsnya, sehingga bisa memotivasi masyarakat agar tetap semangat dalam menjalani sisa tahun 2021.

Baca juga: Lewat 6.6 Mid Year Deals, ShopeePay Ajak Masyarakat Self-Reward secara Praktis dan Hemat

Disampaikan dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas,com Jumat (4/6/2021), Chief Executive Officer (CEO) sekaligus Co-Founder Ayam Keprabon Express Renny Rantika membeberkan tips dan rahasia kesuksesan dalam membangun bisnis Ayam Keprabon Express.

Gagal berkali-kali

Renny menjelaskan, Ayam Keprabon Express bukanlah bisnis pertamanya. Dia dan suami sudah gemar berdagang sedari dulu, sehingga peruntungan bisnis di berbagai bidang sudah pernah dicoba.

Sebelumnya, ia telah melakoni berbagai usaha, mulai dari berjualan kerupuk di pinggiran jalan Kota Bandung, berbisnis retail, hingga menjadi agen asuransi. Semua itu ternyata tidak membuahkan hasil yang baik.

Meski berkali-kali gagal, kunci keberhasilan Renny dan suami terletak pada kegigihan dan keberanian untuk selalu memulai lagi dari nol setelah mengalami kegagalan.

Alon-alon asal Kelakon

Ketika banyak pemain lain di industri mamin fokus untuk segera membuka cabang sebanyak mungkin, Renny dan suami memilih aliran berbeda.

Baca juga: Simak Promo ShopeePay Mid Year Deals, Ada Voucher Cashback 100 Persen

Keduanya memilih berbisnis secara perlahan, sehingga memiliki waktu lebih untuk membentuk fondasi bisnis yang matang. Cara ini sesuai dengan pepatah Jawa "alon-alon asal kelakon" yang artinya pelan-pelan asal dikerjakan.

Renny mengambil waktu kurang lebih satu tahun, untuk mempersiapkan jalur distribusi, standar bahan baku, standar karyawan, serta berbagai persiapan lain, sebelum akhirnya memutuskan untuk membuka waralaba Ayam Keprabon Express.

Fondasi itu juga dibuat di area dapur. Dari awal berdiri hingga kini, Ayam Keprabon Express menggerakkan roda makanannya dari central kitchen yang ada di Solo.

Central kitchen tersebut menyalurkan bahan makanan ke 60 cabang waralaba yang tersebar di berbagai kota besar di Indonesia.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com