Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui Investasi di Pasar Modal, Cara Kaya Sambil Tidur

Kompas.com - 05/06/2021, 09:50 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

KOMPAS.com - Ingin kaya raya, pakai cara yang pasti-pasti saja biar dikira tetangga, kamu memelihara "babi ngepet". Cuma di rumah, tapi duitnya banyak.

Memangnya bisa? Pasti bisa. Salah satunya dengan investasi di pasar modal. Ini namanya kerja cerdas.

Kerja dari rumah, malah bisa sambil tidur, kamu dapat mencetak uang. Duit dengan sendirinya mengalir ke rekening.

Seperti kata Lo Kheng Hong, investor saham kawakan yang dijuluki Warren Buffett-nya Indonesia.

“Harta karun kekayaan terbesar yang ada di dunia, adanya di pasar modal. Bukan di bawah laut. Nilainya nyata dan transparan. Sangat disayangkan bila ada orang yang tidak mengenal pasar modal.”

Pantas saja, pasar modal Indonesia kini didominasi anak muda, termasuk milenial. Mengutip data Bursa Efek Indonesia (BEI), dari 3,53 juta investor pasar modal per November 2020, lebih dari 70 persennya ada di rentang usia hingga 40 tahun.

Bagaimana tertarik terjun jadi investor pasar modal Indonesia? Cermati.com akan mengulas pengertian pasar modal Indonesia dan produk apa saja yang ditawarkan?

Apa itu Pasar Modal?

Dari laman resmi BEI, pasar modal adalah sarana bertemunya perusahaan maupun institusi lain seperti pemerintah yang membutuhkan dana dari masyarakat untuk pengembangan usaha, ekspansi, penambahan modal kerja, dan lainnya dengan masyarakat yang ingin investasikan uang mereka.

Guna meraup dana segar, perusahaan atau institusi dapat menerbitkan saham atau surat utang. Selanjutnya masyarakat atau investor membeli instrumen tersebut di pasar modal, sehingga bisa mendanai kebutuhan mereka.

Produk Investasi di Pasar Modal

Pasar modal Indonesia memperdagangkan saham, obligasi atau surat utang, reksadana, serta bentuk lain, seperti waran dan produk derivatif (turunan) lain dari efek.

Pasar modal merupakan tempat berinvestasi jangka panjang. Jangka waktunya lebih dari satu tahun untuk memperoleh imbal hasil atau keuntungan maksimal.

Saham

Saham adalah salah satu instrumen pasar modal yang banyak diminati investor. Bagaimana tidak? Investasi saham menawarkan keuntungan menarik.

Selain itu, dengan membeli saham perusahaan, kamu menjadi pemilik perusahaan tersebut. Bisa dapat dividen dan berhak ikut Rapat Umum Pemegang Saham.

Lo Kheng Hong pernah membagi tips investasi saham anti gagal yang bisa mendatangkan cuan besar, salah satunya adalah tidur.

Ketika kamu sudah memiliki saham perusahaan yang hebat, langkah terbaik adalah ‘tidur.’ Tidur di sini maksudnya adalah tidak bertindak apapun.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com