Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Ini Harga Sewa Booth Jualan di Indomaret dan Alfamart

Kompas.com - 07/06/2021, 08:36 WIB
Elsa Catriana,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Membuka usaha di depan atau di teras minimarket bisa menjadi pilihan Anda.

Selain dari segi biaya terhitung relatif murah, membuka usaha atau booth di depan minimarket seperti di Indomaret atau Alfamart akan berpeluang besar untuk dilirik banyak orang.

Dengan banyaknya pengunjung yang berbelanja di minimarket tersebut, peluang usaha Anda dibeli pun meningkat.

Baca juga: Cara Menjadi Agen Aqua, Modal Rp 5 Juta Bisa Raup Rp 20 Juta Per Bulan

Nah berapa harga sewa booth di teras Indomaret dan di teras Alfamart?

Indomaret

Marketing Director Indomarco Prismatama (Indomaret) Wiwiek Yusuf mengatakan, untuk harga sewa bervariatif. Dimulai dari harga Rp 250.000 sampai dengan Rp 350.00 per bulan.

Namun, harga ini disesuaikan dengan lokasi toko. "Bahkan, adapula yang sampai Rp 500.000 per bulannya. Itu sudah bersih termasuk listrik," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Kamis (4/6/2021).

Sementara untuk prosedur supaya bisa berjualan di teras Indomaret, calon pengusaha bisa menanyakan langsung ke toko Indomaret yang dirasa memang cocok.

"Lalu pastikan apakah ada alokasi untuk tempat UMKM berjualan atau yang sering kami sebut UMKM teras. Kalau ada, minta contact team development sewa ke team toko," jelasnya.

Setelah itu Anda juga harus mengisi formulir pendaftaran yang tersedia di setiap toko Indomaret. Kemudian, menyerahkan foto copy KTP.

"Selain itu calon pengusaha yang ingin membuka di teras Indomaret tidak boleh menjual produk yang dijual di Indomaret. Calon pengusaha atau kami juga tidak menyediakan tempat makan sama sekali," ucapnya.

Baca juga: Ingin Buka Booth di Depan Indomaret? Ini Cara dan Syaratnya

Alfamart

Sementara di Alfamart, harga sewa beda tipis dengan harga sewa di Indomaret.

GM Corporate Communication Alfamart Nurahman mengatakan, bagi calon pengusaha yang ingin membuka usahanya di teras Alfamart hanya perlu membayar biaya sewa rata-rata antara Rp 600.000 di luar Jabodetabek dan Rp 700.000 di wilayah Jabodetabek.

"Biaya sewa ini sesuai dengan daerah toko masing-masing rata-rata antara Rp 600.000 di luar Jabodetabek dan Rp 700.000 di Jabodetabek. Harga tersebut belum termasuk PPN 10 persen," katanya.

Dia menjelaskan, harga tersebut dibayarkan per bulan di awal periode sewa. Para penyewa juga mendapatkan berbagai fasilitas dari Alfamart.

"Ini termasuk listrik 200 watt. Sementara untuk air bisa didapat dari kamar mandi toko, untuk kebutuhan seperlunya," ungkapnya.

Sementara itu untuk cara pendaftarannya dijelaskan dia, ada 3 cara. Pertama, calon tenant bisa datang langsung ke kantor cabang, dan bertemu dengan Branch Tenant Support (BTS) untuk berdiskusi soal lokasi dan melakukan administrasi.

Cara kedua, calon tenant mendata dirinya melalui toko (etrans toko) yang setelah itu, dikemudian hari akan dihubungi oleh BTS, untuk di undang ke kantor cabang.

Baca juga: Cara dan Syarat Berjualan di Teras Alfamart

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com