Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teten Masduki Minta Pelaku UMKM Tak Ragu Masuk Koperasi

Kompas.com - 09/06/2021, 14:15 WIB
Kiki Safitri,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki meminta para pelaku usaha UMKM untuk tidak ragu gabung ke koperasi. Menurutnya, untuk membangkitkan perekonomian Bali yang terdampak pandemi Covid-19, pemberdayaan koperasi dan UMKM harus dilakukan.

Menurutnya, saat ini ekonomi kerakyatan harus diperkuat melalui koperasi. Di sisi lain, koperasi masih memiliki stigma negatif dari masyarakat. Maka dari itu, pemberdayaan koperasi modern harus digalakkan.

"Koperasi kurang bagus namanya memang. Ketika saya kunjungan ke Bogor, saya mau konsolidasi petani bunga hias berbasis ekspor. Saya suruh mereka masuk koperasi. Semuanya tidak mau karena koperasi punya stigma negatif. Saya bilang yang jelek itu masa lalu, kita bangun koperasi modern," ungkap Teten dalam kunjungan kerja di Bali, yang disampaikan melalui siaran pers, Rabu (9/6/2021).

Baca juga: Teten Masduki: UMKM Jangan Lagi Jadi Ekonomi Marginal...

Menurut Teten, koperasi kini bisa menjadi strategi baru untuk memperbaiki perekonomian nasional. Saat ini, koperasi harus menjadi agen untuk mengkonsolidasi usaha mikro yang tidak masuk dalam skala ekonomi. Dengan terbentuknya koperasi modern, bisa menjadi alternatif pembiayaan bagi usaha mikro.

"Saat ini, petani itu usahanya perorangan, begitu pula dengan nelayan. Kondisi seperti ini sulit bagi UMKM berhadapan dengan market yang butuh supplier yang stabil. Ini kita bisa konsolidasi mereka dalam koperasi dan masuk dalam skala ekonomi agar terhubung dengan buyer dan market," ujar Teten.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com