Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Cara Menemukan Pembeli yang Tepat untuk Eksportir

Kompas.com - 10/06/2021, 17:09 WIB
Elsa Catriana,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menemukan buyer atau pembeli dengan tujuan ekspor gampang-gampang susah. Sebab, permintaan pasarnya berbeda-beda di setiap negara yang ingin dituju.

Direktur Utama PT Rumah Produk Indonesia sekaligus fasilitator Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia (PPEI) Nursyamsu Mahyuddin membeberkan ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh para eksportir agar bisa menemukan pembeli yang tepat.

"Kalau memang begitu serius ingin menjadi eksportir yang pertama sekali dilakukan agar bisa mendapatkan pembeli yang tepat adalah harus punya website," ujar dia dalam diskusi webinar yang diselenggarakan DJPEN Kemendag secara virtual, Kamis (10/6/2021).

Baca juga: Wapres Maaruf Berharap II-Motion Dorong Indonesia Jadi Eksportir Produk Halal Terbesar Dunia

Nursyamsu mengatakan, saat ini sudah semakin banyak website yang ditawarkan dengan harga murah. Begitu pula dengan domain, yang harganya masih bisa terjangkau.

Kedua, selain website, pelaku eksportir juga bisa memanfaatkan media sosial lainnya seperti Facebook, Instagram dan banyak lainnya.

Apalagi saat ini, YouTube Channel juga bisa digunakan sebagai media untuk mencari buyer atau pembeli.

"Media sosial itu bisa di-Adsense. Instagram atau Facebook juga bisa di-Adsense dengan biaya yang murah. Dari sana kita bisa membidik suatu negara tertentu, usia tertentu, dan segmentasi tertentu sesuai dengan permintaan kita," kata Nursyamsu.

Ketiga, para pelaku eksportir juga bisa mendaftarkan diri melalui berbagai portal bisnis yang tujuannya ekspor, seperti Alibaba.com.

Baca juga: Wujudkan 10.000 Eksportir Asal Surakarta, Shopee dan Gibran Rakabuming Resmikan Kampus UMKM Shopee Ekspor

Hanya saja, untuk mendaftar ke aplikasi ini membutuhkan banyak biaya yang biasanya harus membayar sekitar Rp 25 jutaan per tahun.

"Kalau enggak ada anggarannya enggak masalah, banyak yang gratisan. Cari saja di google bisnis portal lainnya dan sesuaikan dengan tujuan negara yang kita inginkan," ungkap Nursyamsu.

Selain itu, para eksportir juga bisa memanfaatkan berbagai marketplace yang ada di negara yang dibidik menjadi tujuan ekspornya.

"Namun karena ketika mendaftar e-commerce harus orang lokal yang ada di negara tersebut yang bisa daftar, minta tolong aja ke teman atau saudara yang ada di sana. Minta tokonya dibuatkan, nanti barangnya dikirimkan dari Indonesia," jelas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com