Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dirut Pertamina: Standar Safety Kilang Cilacap Benar-benar Aman

Kompas.com - 13/06/2021, 07:24 WIB
Rully R. Ramli,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati, meninjau langsung penanganan insiden kebakaran di area tangki penyimpanan Kilang Cilacap, Jawa Tengah.

Berdasarkan hasil tinjauan pada Sabtu (12/6/2021), Nicke mengatakan, tim emergency Pertamina Kilang Cilacap telah berupaya maksimal melakukan pemadaman api.

Saat kunjungan tersebut, ia menyampaikan satu titik api yang telah dipadamkan, namun muncul satu titik api lagi yang saat ini harus diselesaikan.

"Kami meminta kepada Tim Emergency untuk fokus segera menyelesaikan titik kebakaran yang masih terjadi dan Alhamdulillah tidak ada korban,” katanya dalam keterangan tertulis, dikutip Minggu (13/6/2021).

Baca juga: Tiket ke Luar Angkasa Bersama Jeff Bezos Laku Rp 397,6 Miliar

“Standar safety yang diterapkan Kilang Cilacap betul-betul aman, tinggal masalah waktu dan bagaimana penanganan agar lebih ofensif dan proses pendinginan terus dilakukan," tambahnya.

Selanjutnya, atas insiden ini Nicke menekankan dua hal, pertama, operasional kilang tidak terganggu dan masih berjalan seperti biasa.

Kedua, pelayanan kepada masyarakat dan customer tetap terlaksana dengan baik. Pasalnya, Pertamina memiliki pemasok cadangan, yakni Kilang TPPI, Jawa Timur.

"Komitmen kami dalam penyediaan BBM dan elpiji kepada masyarakat tidak akan terganggu, serta komitmen kepada customer khusus benzene semua sudah terpenuhi,” ucapnya.

Sebelumnya diberitakan, kebakaran terjadi di area Kilang Cilacap, Jawa Tengah pada Jumat (11/5/2021) pukul 19.45 WIB. Salah satu tangki yang berisi benzene di area kilang itu terbakar.

"Kebakaran tangki di area Kilang Cilacap, Jawa Tengah ini terjadi pada pukul 19.45 WIB dan penyebab kebakaran masih belum diketahui," ujar Area Manager Communication, Relations, & CSR RU IV Cilacap - Sub Holding Refining & Petrochemical Pertamina, Hatim Ilwan dalam keterangannya, Jumat (11/6/2021).

Baca juga: Pertamina: Titik Kebakaran Kilang Cilacap Jauh dari Permukiman

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com