Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saham Unilever Indonesia Anjlok 30,95 Persen sejak Awal Tahun, Ini Pemicunya

Kompas.com - 18/06/2021, 16:11 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - Saham PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) masih tertekan sejak awal tahun. Mengutip RTI, saham UNVR turun 30,95 persen year to date (ytd).

Analis Samuel Sekuritas, Nasrullah Putra Sulaeman menyebutkan pergerakan harga saham UNVR menurun dikarenakan investor saat ini memang cenderung tidak menyukai saham-saham consumer.

Menurutnya, hal tersebut disebabkan pertumbuhan yang ditawarkan kurang menarik.

Baca juga: Unilever Indonesia Catat Penjualan Bersih Rp 10,3 Triliun pada Kuartal I 2021

 

"Selain itu, kenaikan harga soft commodities juga menjadi kekhawatiran untuk investor dikarenakan margin UNVR yang terancam terpangkas," ujarnya kepada kontan.co.id, Kamis (17/6/2021).

Nasrullah menilai, saham UNVR bisa bergerak naik apabila pemulihan ekonomi berada di atas ekspektasi. Sehingga membuat penjualan UNVR meningkat.

Oleh sebab itu, saat ini Samuel Sekuritas menurunkan proyeksi laba bersih UNVR menjadi Rp 7,2 triliun atau lebih rendah 4,4 persen dari proyeksi awal sebesar Rp 7,5 triliun.

"Proyeksi diturunkan karena kami lebih konservatif terhadap kenaikan harga soft commodity seperti CPO, yang menjadi bahan baku utama dari segmen Home and Personal Care," jelasnya.

Dengan begitu, tahun ini laba bersih UNVR diproyeksikan tumbuh 1,1 persen dibandingkan realisasi tahun lalu sebesar Rp 7,16 triliun.

Dari sisi pendapatan, pihaknya menilai UNVR juga masih dapat mencatatkan pertumbuhan penjualan sebesar 3,9 persen menjadi Rp 44,6 triliun.

Baca juga: Strategi Unilever Untuk Meningkatkan Kinerja di Tahun 2021

Pertumbuhan itu, menurutnya, dikarenakan dari segmen foods & refreshment masih berpotensi untuk bertumbuh dikarenakan pemulihan ekonomi khususnya pada sektor hotel restoran dan catering (horeca).

"Kami merekomendasikan hold dengan target harga 5.900," imbuhnya.

 

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Saham Unilever Indonesia (UNVR) anjlok 30,95% sejak awal tahun, ini pemicunya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com