Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasus Covid-19 Melonjak, IHSG dan Rupiah Berada di Zona Merah

Kompas.com - 21/06/2021, 10:16 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih berada di di zona merah pada awal perdagangan, Senin (21/6/2021).

Berdasarkan dara RTI pada pukul 9.13 WIB, IHSG merosot 1,29 persen atau 77,6 poin ke level 5.929,48. Pada akhir pekan lalu, IHSG juga turun 1,01 persen ke level 6.007,12.

Adapun nilai transaksi sementara yang diperoleh dari transaksi pagi ini sebesar Rp 1,58 triliun dari 2,91 miliar lembar saham yang diperdagangkan.

Menurut beberapa analis saham, anjloknya IHSG disebabkan lonjakan kasus Covid-19 dalam negeri yang memberikan sentimen negatif bagi para investor.

Baca juga: Mengilap di Awal Pandemi, Kini Bisnis Ikan Cupang Mulai Redup

Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper sudah memperkirakan IHSG bakal melemah. Akibat kasus Covid-19 yang melonjak, ia menilai ada peluang pemerintah bakal melakukan pembatasan aktivitas sosial kembali.

"Pergerakan akan masih akan dipengaruhi kenaikan kasus Covid-19 dari dalam negeri serta adanya potensi pembatasan yang lebih ketat sehingga diperkirakan pemulihan ekonomi akan kembali melambat," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Riset MNC Sekuritas Edwin Sebayang menjelaskan, IHSG berpeluang dilanda tekanan jual lanjutan seiring cukup tajamnya kejatuhan DJIB, EIDO serta kembali berjatuhannya harga komoditas, seperti emas, tambang, timah, dan nikel.

"(Ini terjadi) Di tengah berlanjutnya amukan Covid-19 yang berpotensi terjadinya keambrukan di faskes Ibu Kota Negara Indonesia yakni Jakarta," kata Edwin.

Sedangkan menurut CEO Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya, perkembangan pergerakan IHSG masih terlihat akan berada dalam kondisi tertekan.

Baca juga: Mulai Terkerek, Harga Emas Antam Naik Rp 3.000 Per Gram

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com