Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hingga Akhir Mei 2021, Askrindo Sudah Jamin Kredit UMKM Rp 4,8 Triliun

Kompas.com - 21/06/2021, 11:23 WIB
Fika Nurul Ulya,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo) memberikan penjaminan sekitar Rp 4,8 triliun kepada 8.130 UMKM melalui program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Penjaminan dari anak usaha Indonesia Financial Group (IFG) ini diberikan untuk memperkuat pemulihan ekonomi nasional yang sedang berlangsung, sekaligus mengurangi lonjakan kredit bermasalah yang tengah dihadapi perbankan nasional

"Melalui penjaminan kredit modal kerja ini, kami berharap bisa meningkatkan permodalan pelaku UMKM, sekaligus menurunkan risiko kredit perbankan," ujar Direktur Operasional Askrindo Erwan Djoko Hermawan dalam siaran pers, Senin (21/6/2021).

Dilihat berdasarkan wilayah, Jawa Tengah dan Jawa Timur mendominasi penyerapan penjamin. Serapan penjaminan di Solo mencapai Rp 228 miliar, diikuti Surabaya Rp 215,6 miliar, dan Semarang Rp 201,1 miliar.

Baca juga: Kompak Melemah, Berikut Rincian Harga Bitcoin dkk Hari Ini

Berdasarkan sektor usaha, penjaminan kredit modal kerja masih didominasi oleh sektor perdagangan dengan plafon mencapai Rp 3,3 triliun. Kemudian diikuti penjaminan jasa dan sektor lainnya Rp 363 miliar, dan penjaminan bagi sektor pertanian dan kehutanan sekitar Rp 357 miliar.

"Semoga ekonomi masyarakat tetap berputar, suplai barang dan permintaan semakin meningkat, sehingga pada akhirnya penyerapan tenaga kerja kembali terbuka," ujar Erwan.

Erwan menuturkan, besarnya penyerapan sektor perdagangan menjadi indikasi semakin kuatnya pemulihan daya beli masyarakat serta gerak perekonomian yang semakin membaik.

Ke depan kata Erwan, Askrindo berkomitmen untuk berpartisipasi memperkuat pemulihan ekonomi nasional khususnya melalui penjaminan kredit ke segala sektor usaha yang kredibel.

"Kami membantu perbankan dalam mengurangi rasio kredit macet, di tengah upaya pemerintah dan regulator mengurangi dampak lonjakan kredit bermasalah perbankan akibat Covid-19," pungkasnya.

Baca juga: PT PAL Indonesia Buka Lowongan Kerja, Cek Posisi dan Syaratnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com