Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerap Dicatut, KSEI Tegaskan Tak Pernah Tawarkan Investasi

Kompas.com - 24/06/2021, 21:23 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) mengatakan tidak pernah menawarkan, mengumpulkan hingga mengelola dana investasi para calon investor melalui channel group media sosial Telegram maupun Whatsapp dan Line.

"KSEI selaku lembaga penyimpanan dan penyelesaian di Pasar Modal Indonesia tidak berwenang untuk melakukan pengelolaan investasi, termasuk tidak berwenang melakukan pengumpulan uang masyarakat/investor untuk diinvestasikan pada jenis investasi apapun," ujar Kepala Divisi Unit Komunikasi Perusahaan KSEI Rasmi M. Ramyakim melalui keterangan tertulis, Kamis (24/6/2021).

"Tidak berwenang menawarkan segala jenis investasi kepada masyarakat/investor serta tidak berwenang memberikan jaminan imbal hasil atas investasi yang ditawarkan," lanjutnya.

Baca juga: 13 Sektor Industri Minta Jatah Gas Subsidi

Selain itu, KSEI tidak bertanggung jawab terhadap pihak-pihak yang dirugikan akibat tawaran investasi yang mencatut nama Kustodian. Rasmi menekankan, pihaknya akan mengambil langkah hukum apabila terdapat oknum yang masih mencatut nama KSEI.

"KSEI akan mengambil langkah hukum terkait penyalahgunaan dan pencatutan nama KSEI beserta manajemen kepada pihak yang tidak bertanggung jawab yang dapat menyebabkan kerugian di masyarakat/investor," tegasnya.

Lebih lanjut kata Rasmi, bagi masyarakat yang mengetahui adanya oknum mengatasnamakan KSEI bisa melapor ke sosial media resmi perusahaan. Adapun akun sosial media resmi KSEI antara lain melalui Instagram @ksei.official, Twitter @OfficialKSEI, Facebook KSEI, dan YouTube Kustodian Sentral Efek Indonesia.

"Untuk menghindari risiko atas hal-hal yang tidak diinginkan, mohon untuk menyampaikan laporkan dan/atau konfirmasi kepada kami jika terdapat pihak yang mengatasnamakan KSEI beserta manajemen, melalui akun media sosial resmi KSEI," ujarnya.

Baca juga: Kemenperin: Tidak Ada Kelangkaan Tabung Oksigen

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com