Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gandeng PLN, Bakrie Power Bangun PLTS Hybrid di Sulsel

Kompas.com - 25/06/2021, 22:00 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bakrie & Brothers (BNBR) melalui anak usahanya, PT Bakrie Power, menyepakati kerja sama dengan PT PLN (Persero) dalam proyek pengadaan dan pemasangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) hybrid di Desa Parak, Bontomanai, Selayar, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Penandatanganan kerja sama tersebut juga dilakukan dengan mitra kerja PT Dipa Jaya Sejahtera dan PT Syntek Otomasi Indonesia.

"Proyek-proyek di bawah PT Bakrie Power ini dikerjakan oleh PT Helio Synar Energi. Selain Selayar, dua jenis proyek EBT berikutnya yang akan kami fokuskan diantaranya adalah dedieselisasi dan PLTS Atap. Dedieselisasi market size-nya cukup besar, yakni sebesar 2 miliar dollar AS dan PLTS Atap sebesar 650 juta dollar AS," sebut Presiden Direktur BNBR Anindya Novyan Bakrie melalui konfrensi pers virtualnya, Jumat (25/6/2021).

PLTS Hybrid di Selayar ini direncanakan akan memiliki kapasitas sebesar 1,3 megawatt peak, dan diproyeksikan akan mulai beroperasi secara resmi pada Desember 2021. Pembangkit listrik ramah lingkungan ini akan menjadi sumber listrik tambahan bagi PLTD untuk dimanfaatkan oleh 27.892 pelanggan PLN di Kabupaten Selayar.

Baca juga: Bakrie Bakal Pasok 30 Unit Bus Listrik ke Transjakarta

"Memang, nilai investasi awal yang kami siapkan dalam sektor EBT ini belum terlalu besar, tetapi kami mengutamakan penguasaan teknologi yang tepat dan menjadi pelopor dalam pengembangan pembangkit energi terbarukan jenis hybrid ini di Indonesia," lanjut dia.

Dalam kesempatan itu, Direktur Utama PT Bakrie Power Dody Taufiq Wijaya mengatakan bahwa PLTS Hybrid Selayar merupakan proyek penting yang menandai dimulainya era konversi pembangkit diesel ke pembangkit renewable yang lebih bersih.

Di sisi lain, hadirnya PLTS Hybrid dinilai turut meningkatkan keandalan pasokan listrik dan perbaikan tegangan pelayanan pada masyarakat yang berada di sekitar lokasi tersebut.

"Di seluruh Indonesia ini masih ada ratusan pembangkit listrik bertenaga diesel yang kini dioperasikan PLN. Ini menjadi potensi amat besar untuk dapat dikonversi menjadi pembangkit EBT, seperti yang kami lakukan di PLTS Hybrid Selayar ini," ujarnya.

Baca juga: Erick Thohir: Tak Sampai 50 Persen BUMN yang Siap Kompetisi dengan Swasta dan Asing

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com