Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil Mukti Jauhari yang Wafat, Baru Menjabat Dirut KCI 17 Maret 2021

Kompas.com - 27/06/2021, 14:25 WIB
Muhammad Choirul Anwar

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Kereta Commuter Indonesia (KAI Commuter atau KCI) Mukti Jauhari meninggal dunia di Jakarta pada Minggu (27/6/2021) 10.00 WIB pagi ini.

Berdasarkan catatan Kompas.com, sebelum meninggal, semasa hidupnya sosok Mukti Jauhari baru saja dilantik sebagai Dirut KCI pada 17 Maret 2021 lalu.

Mukti Jauhari menggantikan posisi Dirut KCI yang sebelumnya ditempati Wiwik Widayanti. Pergantian Dirut KCI tersebut dilakukan bersamaan dengan pergantian direksi lainnya.

Baca juga: Dirut KCI Mukti Jauhari Meninggal Dunia

Saat itu, dilakukan pula perubahan terhadap posisi Direktur Keuangan dan Administrasi yang sebelumnya dijabat Muhammad Widodo, digantikan oleh Adang Sujana.

Mukti Jauhari sendiri merupakan pegawai karier di lingkungan KAI Grup. Sebelumnya, Ia menjabat sebagai Direktur Utama KAI Bandara.

Ia memiliki pengalaman tugas yang panjang di bidang sarana kereta api, teknologi informasi, serta layanan dan pemasaran.

Mukti Jauhari bergabung di KAI sejak tahun 1993 usai menamatkan pendidikan Sarjana Teknik Mesin dari Universitas Gajah Mada, Yogyakarta pada tahun 1992.

Selama 28 tahun berkarya di KAI Group, karier Mukti Jauhari banyak berkecimpung dalam bidang teknis khususnya terkait sarana perkeretaapian dan teknologi informasi.

Baca juga: Wiwik Widayanti Diganti, Ini Susunan Direksi KAI Commuter Terbaru

Ia pernah ditunjuk sebagai Executive Vice President Information System dan Corporate Deputy Director of Information System sejak 2013 hingga 2017.

Kemudian almarhum ditugaskan menjadi Corporate Deputy Director of Passenger Transport Marketing and Sales hingga tahun 2018.

Pada Mei 2019 KAI menugaskan Mukti untuk memimpin PT Railink atau KAI Bandara yang mengoperasikan Kereta Api Bandara Soekarno Hatta di Jakarta dan KA Bandara Kuala Namu di Medan, Sumatera Utara.

Selanjutnya pada 17 Maret 2021 almarhum diberi amanah sebagai Direktur Utama KAI Commuter dan bertugas hingga akhir hayatnya.

Sebagaimana diketahui, Mukti Jauhari meninggal dunia di usia 55 tahun, meninggalkan istri, tiga orang putra dan satu orang putri. Jenazah selanjutnya akan dibawa ke rumah duka dan dimakamkan di Klaten.

"Kami sangat kehilangan figur seorang pemimpin yang hangat, pekerja keras, dan memiliki banyak ide untuk meningkatkan layanan KRL di tengah berbagai tantangan pada masa pandemi ini," ungkap VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba dalam keterangannya.

Baca juga: Susunan Direksi Baru PTBA Lengkap dan Profil Suryo Eko Hadianto

"Mohon doa bagi beliau, serta keluarga dan kerabat yang ditinggalkan agar diberi ketabahan," lanjut Anne.

Meskipun dalam suasana duka, KAI Commuter tetap melayani masyarakat dengan protokol kesehatan sangat ketat.

“Kami menerapkan protokol kesehatan sebagaimana aturan yang ada yaitu mengikuti pengukuran suhu tubuh, wajib memakai masker, mencuci tangan sebelum dan sesudah naik KRL, dan menjaga jarak aman sesama pengguna ketika berada di stasiun maupun di dalam kereta,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com