Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Pulihkan Ekonomi Nasional, Grab Dukung Penuh Program Vaksinasi Covid-19

Kompas.com - 28/06/2021, 12:08 WIB
Aningtias Jatmika,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pandemi Covid-19 telah memengaruhi kehidupan masyarakat Indonesia selama lebih dari satu tahun terakhir. Meski demikian, pemerintah terus berjibaku untuk bangkit, termasuk dalam memulihkan perekonomian nasional.

Salah satu elemen penting dalam mendorong pemulihan ekonomi nasional adalah menjalankan program vaksinasi. Program yang dimulai pada Januari 2021 itu menjadi garis pertahanan terdepan dalam melawan virus corona.

Demi menyukseskan dan mempercepat program vaksinasi, pemerintah pun berkolabrasi dengan pihak swasta, seperti Grab Indonesia.

President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata menilai hal ini merupakan momen yang tepat untuk memperkuat kemitraan antara pemerintah, baik pusat maupun daerah, dengan pihak swasta.

“Dengan semangat gotong royong, kita bisa melewati masa sulit ini bersama,” kata Ridzki dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (22/6/2021).

Sebagai bentuk komitmen tersebut, Grab Indonesia telah memvaksinasi ratusan ribu masyarakat, terutama mitra Grab, di seluruh Indonesia.

(Baca juga: Grab Luncurkan Pusat Vaksinasi Ramah Penyandang Disabilitas di Yogyakarta)

Khusus mitra Grab, program tersebut telah berjalan di lebih dari 53 kota dan kabupaten di seluruh Indonesia. Beberapa lokasi tersebut, di antaranya Jayapura, Maros, Ambon, Bantul, dan Gowa.

Ke depan, Grab akan terus meningkatkan sentra penyuntikan atau inokulasi sesuai arahan pemerintah.

Ridzki menjelaskan, program vaksinasi terhadap mitra Grab juga merupakan sebuah upaya meningkatkan pelayanan kepada konsumen.

Konsumen bisa melihat status vaksinasi mitra pengemudi saat melakukan pemesanan di aplikasi Grab. Hal ini tentu akan meningkatkan rasa aman dan nyaman konsumen saat bepergian menggunakan layanan Grab.

Ridzki menyadari, kondisi geografis Indonesia sebagai negara kepulauan menghadirkan tantangan tersendiri dalam penyediaan vaksin secara merata. Namun, ia optimistis, tantangan ini bisa dihadapi bersama Grab.

“Teknologi dan jangkauan platform Grab yang luas diharapkan dapat membantu pemerintah mengatasi masalah itu,” kata Ridzki.

Dukungan program vaksinasi tersebut, lanjut Ridzki, akan terus dilakukan Grab dengan menjangkau segmen masyarakat yang memiliki interaksi dan kerentanan sosial tinggi, misalnya dalam sektor pariwisata.

Revitalisasi pariwisata

Berkaitan dengan pariwisata, pemerintah juga mengundang Grab untuk bekerja sama. Pasalnya, pariwisata juga menjadi salah satu sektor yang membutuhkan perhatian khusus akibat terdampak pandemi.

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com