Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendaftar CPNS 2021 Diprediksi Capai 5 Juta Orang

Kompas.com - 29/06/2021, 19:05 WIB
Yoga Sukmana

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah merilis informasi kegiatan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Non-Guru 2021.

Informasi tersebut disampaikan melalui Konferensi Pers Persiapan Pembukaan Seleksi ASN 2021 yang ditayangkan melalui YouTube BKN (29/6/2021).

Formasi ASN tahun 2021 lebih besar dibandingkan formasi yang dibuka tahun lalu. Dengan jumlah yang lebih besar, diperkirakan peserta yang akan mendaftar juga lebih banyak.

"Begitu banyaknya formasi yang ditetapkan pemerintah begitu besar. Belajar dari tahun lalu, di mana 150.000 formasi, pendaftarnya lebih kurang sebanyak 4,2 juta orang," jelas Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN, Suherman, seperti yang dilansir dari Konferensi Pers Persiapan Pembukaan Seleksi ASN 2021.

Baca juga: Lelang Sukuk Negara, Pemerintah Serap Rp 12,5 Triliun

Suherman mengatakan tahun ini diperkirakan pendaftar ASN mencapai 5 juta orang mengingat jumlah formasi yang dibuka cukup besar.

Mengingat seleksi ASN tahun ini dilaksanakan di tengah pandemi yang masih berlangsung, protokol kesehatan akan dilakukan secara ketat.

Dengan demikian seleksi ASN tahun ini tidak menjadi klaster baru penyebaran Covid-19. Jika dalam keadaan normal seleksi akan dilaksanakan sebanyak lima sesi, saat pendemi akan dilaksanakan sebanyak tiga sesi saja.

Suherman menyampaikan waktu seleksi ASN akan lebih panjang dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Selain karena jumlah sesi yang berkurang, jumlah formasi yang banyak juga membuat waktu pelaksanaan diperpanjang.

Karenanya koordinasi yang erat diseluruh instansi, kerja sama, dan sinergi, serta stamina yang lebih baik bagi Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) maupun panitia instansi.
Peserta bisa melakukan sanggahan

Seleksi administrasi merupakan salah satu kegiatan penting dalam seleksi ASN taun 2021. Panitia seleksi perlu secara khusus untuk memperhatikan beberapa hal terutama seleksi administrasi.

Baca juga: Seleksi CPNS 2021 Dibuka Besok, Ini Cara Buat Akun di sscasn.bkn.go.id

Suherman menjelaskan jika instansi perlu melakukan seleksi administrasi sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Seleksi administrasi tersebut misalnya berkaitan dengan umur peserta, kualifikasi pendidikan, jabatan, dan hal-hal lainnya.

"Tahun ini kami (BKN) menyediakan masa sanggah. Kalau ada peserta yang merasa dirugikan dengan hasil seleksi administrasi, maka Panselnas menyediakan fasilitasi untuk masa sanggah," terang Suherman.

Peserta bisa mengajukan sanggahan kepada pemerintah terutama instansi yang dilamar. BKN nantinya akan menjawab sanggahan yang disampaikan oleh peserta ASN.

Sanggahan kedua akan dilaksanakan saat periode akhir saat saat pengumuman kelulusan. Peserta diberikan kesempatan kembali untuk memberikan sanggahan atas hasil yang diperoleh. (Penulis: Tiyas Septiana|Editor: Tiyas Septiana)

Baca juga: Jadwal Seleksi CPNS Diumumkan Siang Ini, Simak Syarat dan Alurnya

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: BKN: Sebanyak 5 juta peserta diperkirakan daftar seleksi ASN tahun 2021

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com