Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PPKM Darurat, Sandiaga Uno Bakal Percepat Penyaluran Dana Hibah Pariwisata

Kompas.com - 02/07/2021, 16:17 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mendorong percepatan penyaluran dana hibah pariwisata. Hal ini dinilai penting karena pemerintah akan memberlakukan PPKM Darurat mulai 3 Juli 2021.

“Sebagai salah satu dari upaya mitigasi dari dampak pemberlakuan PPKM Darurat, Kemenparekraf akan terus mendorong percepatan penyaluran dana hibah pariwisata,” kata Sandiaga dalam siaran pers Jumat (2/7/2021).

Sandiaga mengatakan penyaluran dana hibah pariwisata mencakup bantuan insentif pemerintah dan bantuan sosial rencananya akan disalurkan di kuartal ketiga 2021.

Baca juga: PPKM Darurat, Pemerintah Percepat Penyaluran Dana PKH di Awal Juli

Ia berharap dalam kurun waktu dua hingga tiga bulan ke depan dana sosial tersebut dapat segera didistribusikan kepada para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif yang sangat membutuhkan.

"Kami ingin lakukan percepatan, ada 3,4 juta masyarakat Indonesia yang menggantungkan penghidupannya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," ungkap Sandiaga.

Tak hanya itu, Sandiaga juga mendorong para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif dapat memanfaatkan digitalisasi. Bukan hanya sebatas berjualan online, tetapi juga menciptakan konten-konten kreatif.

"Harapan kami, konten-konten ini bisa membangkitkan kembali kesiapan kita pasca pandemi. Kebijakan yang kami hadirkan adalah kebijakan yang berkeadilan, menyentuh masyarakat yang membutuhkan dengan program yang tepat sasaran, tepat manfaat dan tepat waktu," tegas dia.

Baca juga: PPKM Darurat Diberlakukan, Sandiaga Uno: Kami Sudah Antisipasi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com