Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menperin Keluarkan Instruksi untuk Jamin Stok Oksigen Dalam Negeri

Kompas.com - 06/07/2021, 16:32 WIB
Elsa Catriana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) telah menerbitkan Instruksi Menteri Perindustrian Nomor 1 Tahun 2021 tentang Produk Oksigen Sebagai Komoditas Strategi Industri dalam Masa Pandemi Covid-19.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita berharap melalui instruksi tersebut, suplai oksigen untuk fasilitas kesehatan (faskes) dapat dipenuhi oleh industri dalam negeri.

"Kami harapkan perusahaan industri dan kawasan industri juga dapat berperan dalam membantu penanganan Covid-19 terutama dalam upaya pemenuhan kebutuhan penanganan keselamatan pasien Covid-19 seperti oksigen, tabung oksigen, ventilator, obat-obatan, alat pelindung diri, masker dan alat kesehatan lainnya," ujar Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita dalam webinar Kebijakan & Implementasi PPKM Darurat secara virtual, Selasa (6/7/2021).

Baca juga: Indonesia Impor Oksigen Konsentrator dari Singapura

Dia mengakui dengan kondisi saat ini kontrak dengan buyers tidak bisa terlaksana karena kondisi darurat. Oleh sebab itu dia meminta kerjasama dan pengertian dari para industri pengguna oksigen karena proses produksinya akan terganggu.

"Kami mohon kerja sama dan pengertian dari para industri pengguna oksigen yang pasti akan terganggu proses produksinya, karena dialihkan untuk kebutuhan medis. Ini hanya karena keadaan darurat, ini semua untuk NKRI yang kita cintai," ungkap Menperin Agus.

Sebelumnya Menperin Agus mengatakan, stok pasokan oksigen untuk kebutuhan medis selama pandemi Covid-19 aman. Walaupun diakui dia, kebutuhan oksigen untuk kebutuhan medis dalam menangani pasien Covid-19 naik tajam.

Agus juga mengatakan, produksi dan distribusi gas oksigen diprioritaskan untuk kebutuhan medis terutama untuk menangani pasien Covid-19.

Baca juga: Permintaan Oksigen Meningkat, Pemerintah Akan Impor jika Sudah Kewalahan

Sebelumnya rasio peruntukan oksigen bagi keperluan medis dan bagi industri adalah 40:60. Namun saat ini, rasio penggunaan oksigen menjadi 60:40 antara kebutuhan medis dan kebutuhan industri.

Walau demikian, rasio tersebut juga akan ditingkatkan seiring meningkatknya kebutuhan akan oksigen medis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com