Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Luhut Minta Pengadaan Oksigen untuk Pasien Covid-19 Dipercepat

Kompas.com - 08/07/2021, 18:31 WIB
Yohana Artha Uly,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta, pengadaan dan penambahan jumlah oksigen untuk kebutuhan pasien Covid-19 dipercepat. Hal ini mengingat masih tingginya peningkatan kasus harian.

Hal itu diungkapkannya dalam rapat koordinasi tingkat menteri terkait penyediaan suplai oksigen untuk Covid-19 yang dilakukan secara virtual, Kamis (8/7/2021).

Hadir di antaranya Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono.

Baca juga: Harga Tabung Oksigen Mahal, KPPU Ancam Penjual Denda 50 Persen dari Keuntungan

Luhut mengatakan, berdasarkan evaluasi jumlah pasien Covid-19 dan estimasi kebutuhan oksigen selama masa pemberlakukan PPKM Darurat 3-20 Juli, diperlukan percepatan pengadaan oksigen. Sehingga oksigen yang tersedia bisa segera digunakan para pasien yang sedang di rawat.

"Meminta para pemangku kepantingan untuk tanggap dan bekerja lebih cepat demi keselamatan masyarakat. Kita bermain dengan waktu, kita harus bekerja cepat,“ ujarnya seperti dikutip dalam keterangan tertulis, Kamis (8/7/2021).

Meski demikian, Luhut menegaskan, pengadaan dan penambahan jumlah oksigen untuk pasien Covid-19 yang melibatkan banyak pihak dan lini harus tetap taat hukum.

Ia bilang, jangan sampai pengadaannya bermasalah di masa depan, walaupun ada diskresi yang diberikan pada masa darurat ini.

Dalam rapat tersebut, Luhut juga mengungkapkan, sudah membuat skenario dalam penanganan Covid-19 selama masa PPKM Darurat Jawa-Bali.

Menurut dia, seiring berjalannya waktu akan dilakukan evaluasi atas implementasi aturan yang sedang berjalan, agar diperoleh gambaran efektif atau tidaknya keputusan yang ambil.

“Karena kita enggak tahu kapan selesainya covid-19 ini,“ pungkasnya.

Baca juga: Tak Punya BUMN yang Produksi Oksigen, Ini Cara Erick Thohir Atasi Kelangkaan Oksigen

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com